KUMPULAN RPP

PERANGKAT PEMBELAJARAN SMP


PANDUAN PENGEMBANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


I.         Pendahuluan

     Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus,   guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. 

     Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi    Kompetensi   Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian

II.   Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mencantumkan identitas
·           Nama sekolah
·           Mata Pelajaran
·           Kelas/Semester
·           Alokasi Waktu

Catatan:
Ø      RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
Ø   Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun    oleh   satuan pendidikan
Ø     Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan,   yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.

A.     Standar Kompetensi
  Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan  penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :
1.      urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD
2.      keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
3.      keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.

B.       Kompetensi Dasar
      Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik   dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1.   Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi    Dasar
2.      Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
3.      Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran

C.      Tujuan Pembelajaran
          Tujuan Pembelajaran berisi  penguasaan kompetensi yang operasional yang     ditargetkan/dicapai   dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.

D.       Materi Pembelajaran
       Materi pembelajaran  adalah  materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus. 

E.       Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran
     Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model  atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.

F.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran harus dicantumkan  langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan :
       a.    Pendahuluan
    Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang   ditujukan   un­tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
       b.    Inti
  Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan       pembelajaran di­lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang­kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
       c.    Penutup
      Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un­tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang   dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
 
G.     Sumber Belajar
       Pemilihan  sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang      dikembangkan   oleh satuan pendidikan.  Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya,  sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

H.      Penilaian
       Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk   mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan  teknik  tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.

III. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                            : SMP...........................
Mata Pelajaran                 : ...................................
Kelas/Semester                : ...................................
Alokasi Waktu                 : ..... x  40 menit (…  pertemuan)

A.       Standar Kompetensi
B.       Kompetensi Dasar
C.   Tujuan Pembelajaran:
       Pertemuan 1
       Pertemuan 2
       Dst   
D.   Materi Pembelajaran   
E.   Model/Metode Pembelajaran 
F.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
       Pertemuan 1
       Pertemuan  2
       dst
G.   Sumber Belajar           

H.   Penilaian        


1.   BAHASA INDONESIA (Kelas VII - IX) : 
      - SK DAN KD BAHASA INDONESIA (Klik disini)
      - PEMETAAN SK BAHASA INDONESIA (Klik disini)
      - SILABUS BAHASA INDONESIA  (Klik disini) 
      - RPP BAHASA INDONESIA  (Klik disini) 
      - PROMES BAHASA INDONESIA  (Klik disini) 
      - PROTA BAHASA INDONESIA  (Klik disini) 
      - KKM BAHASA INDONESIA  (Klik disini) 

2.   BAHASA INGGRIS (Kelas VII - IX) 
      - SK DAN KD BAHASA INGGRIS (Klik disini)
      - PEMETAAN SK BAHASA  INGGRIS  (Klik disini)
      - SILABUS BAHASA  INGGRIS   (Klik disini) 
      - RPP BAHASA  INGGRIS   (Klik disini) 
      - PROMES BAHASA  INGGRIS   (Klik disini) 
      - PROTA BAHASA  INGGRIS   (Klik disini) 
      - KKM BAHASA I INGGRIS   (Klik disini) 

3.   MATEMATIKA (Kelas VII - IX) : 
      - SK DAN KD MATEMATIKA (Klik disini)
      - PEMETAAN SK MATEMATIKA  (Klik disini)
      - SILABUS MATEMATIKA   (Klik disini) 
      - RPP MATEMATIKA   (Klik disini) 
      - PROMES MATEMATIKA   (Klik disini) 
      - PROTA MATEMATIKA   (Klik disini) 
      - KKM MATEMATIKA   (Klik disini) 

4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM (Kelas VII - IX) : 
      - SK DAN KD IPA (Klik disini)
      - PEMETAAN SK IPA (Klik disini)
      - SILABUS IPA  (Klik disini) 
      - RPP IPA  (Klik disini) 
      - PROMES IPA  (Klik disini) 
      - PROTA IPA  (Klik disini) 
      - KKM IPA  (Klik disini) 

5.   ILMU PENEGTAHUAN SOSIAL (Kelas VII - IX) : 
      - SK DAN KD IPS (Klik disini)
      - PEMETAAN SK IPS (Klik disini)
      - SILABUS IPS  (Klik disini) 
      - RPP IPS  (Klik disini) 
      - PROMES IPS  (Klik disini) 
      - PROTA IPS  (Klik disini) 
      - KKM IPS  (Klik disini) 

6.   P K n (Kelas VII - IX) : 
      - SK DAN KD PKn (Klik disini)
      - PEMETAAN SK PKn (Klik disini)
      - SILABUS PKn  (Klik disini) 
      - RPP PKn  (Klik disini) 
      - PROMES PKn  (Klik disini) 
      - PROTA PKn  (Klik disini) 
      - KKM PKn  (Klik disini) 

7.   PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kelas VII - IX) : 
      - SK DAN KD PAI (Klik disini)
      - PEMETAAN SK PAI (Klik disini)
      - SILABUS PAI  (Klik disini) 
      - RPP PAI  (Klik disini) 
      - PROMES PAI  (Klik disini) 
      - PROTA PAI  (Klik disini) 
      - KKM PAI  (Klik disini) 

8.   PENJASORKES (Kelas VII - IX) : 
      - SK DAN KD PENJASORKES (Klik disini)
      - PEMETAAN SK  PENJASORKES  (Klik disini)
      - SILABUS  PENJASORKES   (Klik disini) 
      - RPP  PENJASORKES   (Klik disini) 
      - PROMES  PENJASORKES   (Klik disini) 
      - PROTA  PENJASORKES   (Klik disini) 
      - KKM  PENJASORKES  (Klik disini) 

9.   SENI DAN BUDAYA (Kelas VII - IX)  : 
      - SK DAN KD SENI BUDAYA (Klik disini)
      - PEMETAAN SK  SENI BUDAYA  (Klik disini)
      - SILABUS  SENI BUDAYA   (Klik disini) 
      - RPP  SENI BUDAYA   (Klik disini) 
      - PROMES  SENI BUDAYA   (Klik disini) 
      - PROTA  SENI BUDAYA   (Klik disini) 
      - KKM  SENI BUDAYA   (Klik disini) 

10. T I K (Kelas VII - IX) : 
      - SK DAN KD TIK (Klik disini)
      - PEMETAAN SK  TIK  (Klik disini)
      - SILABUS  TIK   (Klik disini) 
      - RPP  TIK   (Klik disini) 
      - PROMES  TIK   (Klik disini) 
      - PROTA  TIK   (Klik disini) 
      - KKM  TIK   (Klik disini)