BINTANG
BERPINDAH
A. Posisi awal : Lingkaran besar.
B. Aturan bermain :
Anak-anak bergandengan
dua-dua, muka belakang rapat, jarak pasangan satu dengan yang lain 3 m. seorang
dari regu A dan regu B menjadi bintang yang pindah. Ke dua anak ini siap di
tengah lingkaran. Satu dengan yang lain jaraknya 3 m. Dengan aba-aba dari
Pembina, B berlari menempel salah satu pasangan di depannya. A mengejar dan
menepuk B, sebelum menempel pada salah satu pasangan. Bila Bmenempel pada salah
satu pasangan sebelum kena, maka anak yang di belakang yang di temple b harus
lari dan pindah menempel di depan pasangan lain.
C. Demikian seterusnya. Bila yang lari kena tepuk, maka mereka
mejadi pasangan bintang baru. Pembina menunjuk lagi 2 orang, 1 dari regu C dan
satu lagi dari regu D, untuk menjadi bintang yang akan kejar-kejaran. Permainan
diteruskan bila anak yang di kejar terlalu jauh meninggalkan lingkaran, di
anggap telah kena tepuk.
D.
Penilaian : anak yang dapat menepuk mendapat
angka 1, yang di tepuk nilaunya kurang 1. Regu yang mendapat nilai terbanyak
menang.
=================================================================================
GEMBALA SAPI DAN HARIMAU
1.
Posisi awal : Perlombaan. Buat segi empat di
lapangan dengan ukuran : lebar 10 m, panjanng 20 m, garis panjang dibagi tiga.
Dua ruang kiri dan kanan adalah ruang bebas 5 m.
2.
Aturan permainan : 3 orang dari regu A ditunjuk
sebagai harimau seorang dan 2 orang gembala. Harimau bersiap di tengah
lapangan. Gembala I di ruang bebas kiri dan gembala II di ruang bebas kanan.
Anak yang lain sebagai sapi, berdiri di ruang bebas bersama gembala I. Setelah
Pembina memberi perintah. Maka bicara :
G II : “Gembala
I, keluarkan sapinya !”
G I : “ Tak
berani”
G II : “Mengapa
???”
G I : “Ada
harimau”
G II : “Harimau
sudah ditangkap keluarkan sapinya”
G I : “Ayo
keluar”
Semua sapi lari menuju ruang
bebas Gembala II. Harimau berusaha menepuk sapi sebanyak-banyaknya. Yang kena
tepuk keluar lapangan dan dihitung. Regu yang menepuk (Harimau) mendapat angka
1 tiap sapi yang menepuk. Regu yang sapinya kena tepuk angkanya kurang 1.
Permainan dilanjutkan, Harimau dan gembala diganti dengan regu lain.
Penilain : Regu yang mendapat nilai
banyak pemenangnya.
=================================================================================
LONCAT BERANTAI
1.
Posisi awal : Perlombaan terbuka.
Depannya diberi batas dengan jarak 15 m.
2.
Aturan bermain : Anak hadap kanan
lalu membungkuk (seperti orang ruku dalam sholat). Dengan jarak 1 lengan. Anak
yang paling belakang dalam satu regu melompati anak yang ada di depannya
berturut-turut sampai semua terlewati dan kemudian membungkuk urut dengan anak
yang lain. Anak yang paling belakang melompat seperti terdahulu, demikian
diteruskan sampai menyentuh garis batas.
3.
Penilaian : yang tercepat sampai kebatas
yang menang.
=================================================================================
MUSANG DAN AYAM
1.
Posisi awal : Lingkaran besar anak
bergandengan tangan .
2.
Aturan bermain : dua orang dari regu A ditunjuk
sebagai musang bersiap di luar lingkaran. Semua anak dari regu B sebagai ayam
bersiap di dalam lingkaran. Anak yang lain membentuk lingkaran, bergandengan
tangan, berjalan dan bernyanyi. Musang berusaha menangkap ayam dan ayam
berusaha menghindar dengan lari keluar masuk lingkaran. Bila ayam melewati
lingkaran dibiarkan, tapi kalau musang yang akan masuk di halang-halangi. Ayam
yang tertangkap, berhenti bermain dan berdiri di luar lingkaran. Musang
mendapat angka kira-kira bermain 5 menit musang dan ayam diganti regu yang
lain. Sampai semua regu mendapat giliran menjadi musang.
3.
Penilaian : setelah selesai, regu terbanyak nilainya
menang.
=================================================================================
dari berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
b