Selasa, 26 Maret 2013

Pedoman Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS)


BUKU I
MODEL ATAU BENTUK










PEDOMAN PENYUSUNAN
RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) JANGKA MENEGAH 4 TAHUN

Contoh Cover :

RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)
JANGKA MENENGAH 4 TAHUN
SERTA PROFIL SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN ……. - …….







LOGO







SMP/SMA NEGERI/SWASTA ............. KOTA .......
Alamat : Jl. ………………………………………..
e-mail : ……………………………………





PEMERINTAH KOTA ........
DINAS PENDIDIKAN
PROVINSI ....................





HALAMAN PENGESAHAN

RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)
JANGKA MENENGAH 4 TAHUN
SERTA PROFIL
SMP/SMA NEGERI/SWASTA …….. KOTA ………
TAHUN PELAJARAN ……. - …….
Alamat Jl. …………………………………………………………………………………………………

              

Ketua Komite,







Kepala SMP/SMA .... ...........,







Penanggung Jawab Program,







                                                                 
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Kota ...........




.........................................................
NIP. .........................









SISTIMATIKA
RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SEKOLAH
( 4 TAHUN )
Halaman  Pengesahan.......................................................................................                           i
Kata Pengantar...................................................................................................                         ii
Daftar Isi..............................................................................................................                       iii
 I.            PENDAHULUAN
A.        Latar belakang    ..................................................................................             
B.        Tujuan      .............................................................................................              
C.        Landasan hukum    ..............................................................................              
D.       Sistematika penyusunan program  ......................................................             
II.            GAMBARAN UMUM KONDISI SEKOLAH
A.         Profil Sekolah
B.         Kondisi Lingkungan Strategis.............................................................                          
C.         Kondisi Pendidikan Saat Ini ..................................................
III.            ANALISIS SWOT
A.         Internal
1.       Kekuatan
2.       Kelamahan
B.         Eksternal
1.       Peluang
2.       Ancaman
C.         Alternatif Pemecahan Masalah
IV.            Visi, Misi, dan Strategi
A.         Visi Sekolah .......................................................................................
B.         Misi Sekolah  ......................................................................................
C.         Strategi                                                                                                                                                     
V.                  PROGRAM PRIORITAS DAN RENCANA PELAKSANAAN
A.         Program Prioritas ...............................................................................                        
B.         Rencana Pelaksanaan Program .......................................................                             
C.         Anggaran Biaya                                                                                                                                      
IV.            MONITORING DAN EVALUASI
A.         Supervisi,
B.         Monitoring
C.         Evaluasi .....................................................................
V.            PENUTUP
LAMPIRAN :

 RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) merupakan rencana pengembangan sekolah untuk jangka waktu empat tahunan adalah rencana yang relatif bersifat baku, tidak berubah, dan sesuai dengan filosofi, arah, dan tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 (yang diamandemen) dan dalam UUSPN NO.20 TAHUN 2003, PP Nomor 19 Tahun 2005 dan peraturan perundangan lainnya yang relevan.
Beberapa komponen utama yang termasuk dalam RKAS ini adalah sebagai berikut:

BAB I      PENDAHULUAN
A.         LATAR BELAKANG
Gambaran tentang wujud permasalahan pengelolaan sekolah saat ini dan harapan pengelolaan hingga masa yang akan datang.

B.          TUJUAN
Gambaran RKAS sebagai acuan pengelolaan sekolah bagi semua komponen yang terlibat didalamnya

C.          LANDASAN HUKUM
Kumpulan peraturan dan perundang-undangan yang dapat dijadikan payung hukum

D.         SISTIMATIKAN PENYUSUNAN PROGRAM
Sebagai panduan teknik penulisan dalam bentuk pengelolaan sekolah

BAB II            GAMBARAN UMUM KONDISI SEKOLAH

A.        ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS

Melaksanakan analisis lingkungan strategis empat tahun ke depan tentang kondisi sosial, ekonomi, politik, keamanan, kemajuan IPETK, budaya, dsb yang secara langsung atau tidak langsung berpengaruh terhadap kehidupan pribadi, keluarga, berbangsa dan bernegara. Agar analisisnya memiliki dasar-dasar yang kuat maka secara metodologis dan substansi harus memenuhi persyaratan, diantaranya mengandung berbagai fakta dan data yang dapat dipercaya kebenarannya, memahami berbagai elemen kondisi yang secara langsung atau tidak berpengaruh kepada eksistensi dan kecenderungan penyelenggaraan pendidikan dan hasil-hasil pendidikan, serta adanya sinkronisasi antara visi propinsi, visi kota

B.      ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI

Melaksanakan analisis kondisi pendidikan saat ini secara umum, tingkat nasional atau internasional. Analisis didasarkan atas data-data dan fakta aktual, baik ditinjau dari sisi mutu, akses, efisiensi, relevansi, dan manajemennya, yang dipengaruhi oleh kondisi  sosial, ekonomi, politik, keamanan, kemajuan IPETK, budaya, dsb SEBAGAIMANA TELAH DIANALISIS SEBELUMNYA. Dijekaskan sejauhmana berbagai komponen di atas dapat berpengaruh terhadap sistem pendidikan.


C.      ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN 4 TAHUN MENDATANG

Melaksanakan analisis tentang kondisi pendidikan yang ideal, sempurna, dan yang seharusnya  terjadi untuk membentuk masnusia Indonesia sebagai “insan kamil”, yaitu manusia Indonesia yang memiliki kecerdasan spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan lainnya, sehingga menjadi manusia yang seutuhnya, “sempurna”, dan memiliki atau memenuhi standar kompetensi lulusan (SKL) sesuai dengan jenjang pendidikannya. Dalam analisis ini lebih diutamakan pada analisis sistem penyelenggaraan pendidikan yang seharusnya memenuhi  delapan (8) aspek SNP, yaitu analisis pendidikan masa datang ditinjau dari aspek pemenuhan SKL SMP, pemenuhan standar isi, pemenuhan standar proses pembelajaran, pemenuhan standar penilaian, pemenuhan standar pengelolaan, pemenuhan standar tenaga pendidik dan kependidikan, pemenuhan standar sarpras, dan pemenuhan standar pembiayaan. Sebagai dasar utama dalam analisis ini lebih fidasarkan kepada regulasi SNP yang ada atau konsep-konsep berbagai aspek pendidikan yang ideal.


D.     IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA (KESENJANGAN KONDISI) ANTARA KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI TERHADAP KONDISI PENDIDIKAN 4 TAHUN MENDATANG

Analisis pengidentifikasian tantangan nyata (KESENJANGAN KONDISI) antara kondisi pendidikan saat ini terhadap kondisi pendidikan empat tahun ke depan, khususnya ditinjau dari delapan (8) aspek SNP, dalam mengidentifikasi tantangan nyata, maka diusahakan bersifat kuantitatif dan terukur. Untuk menghasilkan besarnya tantangan nyata yang terukur tersebut, maka dalam analisis pendidikan masa datang dalam tiap aspek SNP adalah menggunakan pedoman kepada: kriteria, standar, spesifikasi, dan lainnya dari peraturan perundangan yang berlaku atau kalau belum diatur secara eksplisit dapat menggunakan dasar-dasar konsep pendidikan yang ideal. Selisih antara kondisi ideal tiap aspek SNP terhadap kondisi nyata tiap aspek SNP adalah merupakan besarnya tantangan nyata yang harus diatasi sekolah.

Contoh :

No.
Kondisi pendidikan saat ini
Kondisi pendidikan masa datang
Besarnya tantangan nyata
1
Standar Isi
Standar Isi

a
Buku KTSP (Buku/Dokumen-1):



Belum tersusun Buku KTSP
Tersusun 1 Buku KTSP
1 buah
b
Silabus:
Silabus:


-       Tersusun silabus 5 mapel
-       Tersusun silabus semua mapel kelas 7
-       Tersusun silabus 11 mapel
-       Tersusun silabus semua mapel kelas 8 dan 9
Silabus 6 mapel
Silabus kelas 8 dan 9
c
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):



-       Tersusun RPP : 50% dari semua mapel
-       Tersusun RPP semua mapel klas 7
-        Tersusun RPP : 100% dari semua mapel
-       Tersusun RPP semua mapel kelas 7
50%

RPP kelas 8 dan 9
2.
Standar Proses
Standar Proses

a
Persiapan pembelajaran:
Persiapan pembelajaran:


-          Kepemilikan silabus oleh guru: 50% memiliki
-          Kepemilikan RPP oleh guru: 50% memiliki
-          Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 50%
-          Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 50%
-          Kepemilikan silabus oleh guru: 100% memiliki
-          Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki
-          Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 100%
-          Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 100%
50%

50%

50%

50%

b
Persyaratan Pembelajaran



-          Jumlah siswa per rombel: 40 anak
-          Beban mengajar guru: 10 jam/minggu
-          Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 3:1
-          Pengelolaan kelas: 50%
-          Jumlah siswa per rombel: 32 anak
-          Beban mengajar guru: ≥ 24 jam/minggu
-          Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 1:1
-          Pengelolaan kelas: 100%
Pengurangan 8 siswa/rombel
Penambahan 14 jam/minggu
Penambahan 2 buku/siswa
50%
c
Pelaksanaan pembelajaran:
Pelaksanaan pembelajaran:


-          Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 60%
-          Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 40%
-          Penerapan CTL: 20%
-          Penerapan pembelajaran tuntas: 35%
-          Penerapan PAIKEM/PAKEM: 40%
-          Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 30%
-          Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 70%
-          Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 100%
-          Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 100%
-          Penerapan CTL: 100%
-          Penerapan pembelajaran tuntas: 100%
-          Penerapan PAIKEM/PAKEM: 100%
-          Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 100%
-          Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 100%
-          Dll
40%


60%

60%

80%
65%

60%

70%

30%
d
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:


-          Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 70%
-          Variasi model penilaian: 2 model
-          Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual
-          Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 1 manfaat
-          Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100%
-          Variasi model penilaian: 5 model
-          Pengolahan/analisis hasil penilaian: 2 jenis manual
-          Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 3 manfaat
-          Dll
30%

3 model

1 jenis berbasis TIK

2 kemanfaatan/tindak lanjut
e
Pengawasan proses pembelajaran:
Pengawasan proses pembelajaran:


-          Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 40%
-          Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 40%
-          Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 40%
-          Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 40%
-          Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 60%
-          Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 100%
-          Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 100%
-          Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 100%
-          Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 100%
-          Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 100%
60%


60%

60%

60%

40%
3.
Standar Kompetensi Lulusan
Standar Kompetensi Lulusan

a
Bidang akademik:



-          Rata2 pencapaian KKM semua mapel 6,00
-          Rata2 pencapaian NUN  4,00
-          Memperoleh juara ke-3 tk kab/kota bidang Matematika
-          Memperoleh juara ke-2 tk kab/kota bidang IPA
-          Memperoleh juara ke-5 tk provinsi bidang IPA
-          Memperoleh juara ke-20 tk nasional bidang IPA
-          Dan sebagainya
-          Rata2 pencapaian KKM semua mapel 8,00
-          Rata2 pencapaian NUN 7,50
-          Memperoleh juara ke-1 tk kab/kota bidang Matematika
-          Memperoleh juara ke-1 tk kab/kota bidang IPA
-          Memperoleh juara ke-3 tk provinsi bidang IPA
-          Memperoleh juara ke-15 tk nasional bidang IPA
-          Dan sebagainya
2,00

3,50
2 tingkat

1 tingkat

2 tingkat

5 tingkat
b
Bidang non akademik:



-          Perolehan jumlah kejuaraan: 2 jenis/bidang pada tk kab/kota
-          Perolehan jumlah kejuaraan: 2 jenis/bidang pada tk provinsi
-          Perolehan jumlah kejuaraan: 1 jenis/bidang pada tk nasional
-          Memperoleh juara ke-2 tk kab/kota bidang bola voli
-          Memperoleh juara ke-4 tk provinsi bidang bola voli
-          Memperoleh juara ke-10 tk nasional bidang bola voli
-          Dan sebagainya
-          Perolehan jumlah kejuaraan: 5 jenis/bidang pada tk kab/kota
-          Perolehan jumlah kejuaraan: 3 jenis/bidang pada tk provinsi
-          Perolehan jumlah kejuaraan: 2 jenis/bidang pada tk nasional
-          Memperoleh juara ke-1 tk kab/kota bidang bola voli
-          Memperoleh juara ke-2 tk provinsi bidang bola voli
-          Memperoleh juara ke-6 tk nasional bidang bola voli
-          Dan sebagainya
3 buah

1 tingkat

1 tingkat

1 tingkat

2 tingkat

4 tingkat
c
Kelulusan:



-          Jumlah kelulusan  75%
-          Jumlah kelulusan 100%
25%
d
Melanjutkan studi:
-           


-          Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 80%
Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 100%
20%
4
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
Standar  Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:

a
Kepala sekolah:



-          Belum pelatihan bahasa Inggris atau TOEFL = 400
-          Belum pelatihan TIK
-          Belum pelatihan kepemimpinan
-          Belum pelatihan manajerial sekolah (MBS)
-          Belum pelatihan kewirausahaan
-          Belum pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah
-          Belum pelatihan administrasi persekolahan
-          Belum pelatihan KTSP
-          Dll
-          TOEFL = 500
-          pelatihan TIK min. 5 kali
-          pelatihan kepemimpinan min. 3 kali
-          pelatihan manajerial sekolah (MBS) min. 3 kali
-          pelatihan kewirausahaan min. 3 kali
-          pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah min. 3 kali
-          pelatihan administrasi persekolahan min. 3 kali
-          Pelatihan KTSP min 2 kali
-          Dll
100 GS Niai TOEFL
5 kali
3 kali

3 kali

3 kali

3 kali

3 kali

2 kali
................
b
Guru: (bersifat rata-rata)
Guru: (bersifat rata-rata)


-          Jumlah guru keseluruhan:  90 orang
-          Jumlah guru IPA: 5 orang
-          Jumlah guru TIK: 1 orang
-          Pelatihan CTL: 50%
-          Pelatihan pembelajaran tuntas: 50%
-          Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 40%
-          Pelatihan bahasa Inggris: 20%
-          Pelatihan TIK: 35%
-          Pelatihan KTSP: 75%
-          Pelatihan penelitian pendidikan: 20%
-          Pelatihan kepribadian: 10%
-          Pengabdian masyarakat: 10%
-          Pelatihan PAIKEM/PAKEM: 25%
-          Jumlah guru S1/D4: 75%
-          Jumlah guru bersertifikasi profesi: 25%
-          Jumlah guru yang memiliki komputer/laptop: 10%
-          Jumlah guru keseluruhan sesuai kebutuhan mapel: 100
-          Jumlah guru IPA: 8 orang
-          Jumlah guru TIK: 4 orang
-          Pelatihan CTL: 100%
-          Pelatihan pembelajaran tuntas: 100%
-          Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 100%
-          Pelatihan bahasa Inggris: 100%
-          Pelatihan TIK: 100%
-          Pelatihan KTSP: 100%
-          Pelatihan penelitian pendidikan: 100%
-          Pelatihan kepribadian: 100%
-          Pengabdian masyarakat: 100%
-          Pelatihan PAIKEM/PAKEM: 100%
-          Jumlah guru S1/D4: 100%
-          Jumlah guru bersertifikasi profesi: 25%
-          Jumlah guru yang memiliki komputer/laptop: 100%
10 orang

3 orang
3 orang
50%
50%

60%

80%

25%

80%
90%
90%
75%
25%
75%

90%

c
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan, dll: (bersifat rata-rata)
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan, dll: (bersifat rata-rata)


-          Jumlah tenaga TU: 10 orang
-          Pelatihan TIK: 50%
-          Pelatihan bahasa Inggris: 10%
-          Pelatihan bidangnya: 10%
-          Pelatihan manajemen sesuai bidangnya: 5%
-          Jumlah laboran IPA: 1 orang
-          Jumlah tenaga TU: 15 orang
-          Pelatihan TIK: 100%
-          Pelatihan bahasa Inggris: 100%
-          Pelatihan bidangnya: 100%
-          Pelatihan manajemen sesuai bidangnya: 100%
-          Jumlah laboran IPA: 3 orang
5 orang
50%
90%
90%
95%

2 orang
5
Standar Sarana dan Prasarana
Standar Sarana dan Prasarana

a
Sarana dan Prasarana Minimal
Sarana dan Prasarana Minimal


-          Ruang kepala sekolah: 10 m2
-          Ruang wakil KS tidak ada
-          Ruang kelas : 2 tidak standar
-          Ruang perpustakaan: tidak standar
-          Ruang Lab. IPA: 1 buah
-          Ruang guru: tidak standar (< 4m2 / guru)
-          Gudang: tidak ada
-          Ruang UKS : tidak ada
-          Dll
-          Ruang kepala sekolah: min. 12 m2
-          Ruang wakil KS ada
-          Ruang kelas : standar 7X9m2
-          Ruang perpustakaan: standar
-          Ruang Lab. IPA: 2 buah
-          Ruang guru:  standar (< 4m2 / guru)
-          Gudang:  ada
-          Ruang UKS : ada
-          Dll
Terbangun ruang KS standar
Terbangun R WK KS
Terbangun 2 R kelas
Terbangun R perpustakaan
Terbangun R lab IPA 1 bh
Terbangun ruang guru standar
Terbangun 1 gudang
Terbangun ruang UKS
b
Sarana dan Prasarana Lainnya
Sarana dan Prasarana Lainnya


-          Ruang Lab. Bahasa: tidak ada
-          Ruang Lab. Komputer: tidak ada
-          Ruang multi media: tidak ada
-          Ruang akademik dan pengembangan SIM: tidak ada
-          Ruang kantin: tidak standar (<10m2 o:p="">
-          Dll

-          Ruang Lab. Bahasa: 2 buah
-          Ruang Lab. Komputer: 2 buah
-          Ruang multi media: tidak ada
-          Ruang akademik dan pengembangan SIM:  2 buah

-          Ruang kantin:  ada s/ tandar

-          Dll
Terbangun 2 R Lab Bahasa
Terbangun 2 R Lab Komputer
Terbangun R multi media
Terbangun 2 R akademik dan SIM
Terbangun R kantin standar
c
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian


-          Daya listrik rendah (< 3000W)
-          Komputer Guru: 5%
-          Komputer TU: 1 buah
-          Komputer perpustakaan: tidak ada
-          Komputer Lab IPA: tidak ada
-          Jaringan internet: tidak ada
-          Sarana olah raga: 50%
-          Dll
-          Daya listrik rendah (6000W)
-          Komputer Guru: 25%
-          Komputer TU: 5 buah
-          Komputer perpustakaan: 20 buah
-          Komputer Lab IPA: 1 buah
-          Jaringan internet: ada
-          Sarana olah raga: 100%
-          Dll
3000W
20%
4 buah
20 buah

1 buah
Terpasang jaringan
50%

6.
Standar Pengelolaan
Standar  Pengelolaan

a
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:


-          Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2): 50%
-          Dokumen PSB: 60%
-          Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 50%
-          Dokumen tata tertib sekolah: 50%
-          Dokumen kode etik sekolah: 50%
-          Dokumen penugasan guru: 80%
-          Dokumen administrasi sekolah lainnya: 50%
-          Dll
-          Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2): 100%
-          Dokumen PSB: 100%
-          Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 100%
-          Dokumen tata tertib sekolah: 100%
-          Dokumen kode etik sekolah: 100%
-          Dokumen penugasan guru: 80%
-          Dokumen administrasi sekolah lainnya: 100%
-          Dll
50%

40%
50%

50%

50%

20%
50%
b
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:


-          Struktur organisasi: 75% lengkap
-          Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 60%
-          Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 50%
-          Dll
-          Struktur organisasi: 100% lengkap
-          Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 100%
-          Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 100%
-          Dll
25%

40%


50%

c
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah:
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi:


-          Tidak ada tim khusus
-          Tidak ada instrumen suvervisi
-          Tidak ada instrumen monitoring
-          Tidak ada instrumen evaluasi
-          Tidak ada instrumen akreditasi
-          Tidak ada pelaporan supervisi
-          Tidak ada pelaporan monitoring
-          Tidak ada pelaporan evaluasi
-          Tidak ada pelaporan akreditasi internal
-          Pendokumentasian : 50%
-          Tindak lanjut: 50%
-          Dll
-          Ada tim khusus: 100%
-          Ada instrumen supervisi: 100%
-          Ada instrumen monitoring: 100%
-          Ada instrumen evaluasi: 100%
-          Ada instrumen akreditasi: 100%
-          Ada pelaporan supervisi: 100%
-          Ada pelaporan monitoring: 100%
-          Ada pelaporan evaluasi: 100%
-          Ada pelaporan akreditasi internal: 100%
-          Pendokumentasian : 100%
-          Tindak lanjut: 100%
-          Dll
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%

50%
50%
d
Kemitraan dan peranserta masyarakat:
Kemitraan dan peranserta masyarakat:


-          Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 90%
-          Dokumen program kerja komite sekolah: 60%
-          Kepengurusan komite sekolah: 75% lengkap
-          Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 2 instansi
-          Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa: 10.000 rupiah/bulan
-          Dll
-          Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 100%
-          Dokumen program kerja komite sekolah: 100%
-          Kepengurusan komite sekolah: 100% lengkap
-          Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 5 instansi
-          Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa: 150.000 rupiah/bulan
-          Dll
10%

40%

25%

3 instansi

140.000,- rupiah/bulan
e
SIM sekolah:
SIM sekolah:


-          Tidak terpasang PAS (Paket Aplikasi Sekolah)
-          Tidak terpasang jaringan SIM
-          Dll
-          Terpasang PAS (Paket Aplikasi Sekolah): 100%
-          Terpasang jaringan SIM: 100%
-          Dll
100%

100%
7.
Standar Keuangan dan Pembiayaan
Standar Keuangan dan Pembiayaan

a
Sumber dana: 2 buah
Sumber dana: minimal 5  buah
Minimal 3
b
Pengalokasian dana: 5 SNP
Pengalikasian dana: minimal 8 SNP
3 atau lebih
c
Penggunaan dana: 75% benar
Penggunaan dana: 100% benar
25%
d
Pelaporan penggunaan dana: 75%
Pelaporan penggunaan dana: 100%
25%
e
Dokumen pendukung pelaporan: 80%
Dokumen pendukung pelaporan: 100%
20%
8.
Standar  Penilaian Pendidikan:
Standar  Penilaian Pendidikan:

a
Frekuensi ulangan harian oleh guru: 50%
Frekuensi ulangan harian oleh guru: 100%
50%
b
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 50%
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 100%
50%
c
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 90%
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100%
50%
d
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 90%
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 100%
10%
e
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 50%
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 100%
50%
f
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 80%
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 100%
20%
g
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 80%
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 100%
20%




h
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenikan kelas: 80%
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenikan kelas: 100%
20%
i
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 75% terpenuhi
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 100%  terpenuhi
25%
j
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 90% terpenuhi
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 100% terpenuhi
10%
k
Dll
Dll

9
Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:


Catatan:
Yang dikembangkan dalam contoh ini HANYA terbatas pada program sekolah aspek-aspek tertentu saja, sekolah dapat mengembangkan lagi sesuai dengan kondisi dan tuntutan sekolah masing-masing.


E.            TUJUAN SEKOLAH DALAM 4 TAHUN MENDATANG

a.      Tujuan dibuat untuk jangka waktu 4 tahun
b.      Tujuan mengandung ABCD (Audience-Behaviour-Conditions-Degree)

Contoh tujuan: dari aspek Pengembangan Standar Isi:
a.      Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan Dokumen-1 atau Buku-1 KTSP dengan lengkap
b.      Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan silabus semua mata pelajaran dan untuk semua jenjang/kelas/tingkatan
c.       Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan RPP semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan
d.      Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan  perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan kedepan
e.      Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan  diversifikasi kurikulum SMP agar relevan dengan kebutuhan, yaitu kebutuhan peserta didik, keluarga, dan berbagai sektor pembangunan dan sub-sub sektornya.
f.        Dan sebagainya
  
Contoh lain tentang tujuan: (dapat dibuat dalam pengelompokan sesuai dengan urutan aspek SNP).
a.      Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan aspek untuk kelas 7-9 semua matapelajaran pada tahun 2008
b.      Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan RPP untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran pada tahun 2008
c.       Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar isi (kurikulum satuan pendidikan/KBK, meliputi: tercapai/ telah dibuat kurikulum satuan, silabus lengkap, model/sistem penilaian lengkap, RPP lengkap, dll à hal ini bisa dijabarkan lebih rinci)
d.      Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar proses pembelajaran meliputi: tercapai/telah dibuat/ditetapkan melaksanakan pembelajaran dengan strategi/metode: CTL, pendekatan belajar tuntas, pendekatan pembelajaran individual, dll secara lengkap
e.      Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi: semua guru berkualifikasi minimal S1, telah mengikuti PTBK, semua mengajar sesuai bidangnya, dll
f.        Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar sarpras/fasilitas sekolah meliputi: semua srapras, fasilitas, peralatan, dan perawatan memenuhi SPM
g.      Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pengelolaan sekolah meliputi: pencapaian standar pengelolaan : pembelajaran, kurikulum, sarpras, SDM, kesiswaan, administrasi, dll secara lengkap.
h.      Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar penilaian pendidikan yang relevan.
i.        Sekolah mampu memenuhi pengembangan budaya mutu sekolah yang memadai
j.        Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah dengan menerapkan 6K secara lengkap

1.      Rambu-rambu merumuskan visi sekolah:
a.      mengacu kepada landasan filosofis bangsa, UUD, dll yang bersifat baku dan telah menjadi pegangan hidup bangsa Indonesia
b.      mengacu visi umum pendidikan yaitu  dengan rumusan: “Terwujudnya Insan Kamil”
c.       memiliki indikator pengembangan prestasi akademik dan non akademik
d.      berkepribadian, nasionalisme, budaya-nasional/Indonesia
e.      perkembangan era global
f.        perkembangan IPTEK
g.      dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan
h.      sesuai konteks daerah, sekolah, visi yayasan
i.        belum operasional
j.        menggambarkan harapan masa datang
k.       dan sebagainya

2.      Indikator-indikator VISI sekolah, misalnya:
a.      Indikator: ciri, tanda, unsur yang ada, spesifikasi, dsb
b.      Rambu-rambu: kata yang mengandung apa yang diharapkan, ada proses kenaikan, adanya perbandingan (unggul/kompetitif), konotasi sempurna, canggih, komplit, bermutu tinggi, dsb.
c.       Misalnya dengan awalan kata : “Terwujudnya”, “Terpenuhi”, “Teselenggara”, dll yang sejenis

Contoh rumusan indikator visi:
a.      Terwujudnya lulusan yang cerdas, kompetitif, cinta tanah air, beriman, dan bertaqwa
b.      Terwujudnya KTSP di sekolah
c.      Terwujudnya standar proses pembelajaran yang efektif dan efisien
d.      Terwujudnya standar prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dan mutakhir
e.      Terwujudnya standar tenaga pendidik dan kependidikan
f.       Terwujudnya standar pengelolaan pendidikan
g.      Terwujudnya standar penilaian pendidikan
h.      Terwujudnya penggalangan biaya pendidikan yang memadai
i.        Terwujudnya budaya mutu sekolah
j.        Terwujudnya lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang, asri, bersih, dll
k.      Dsb.




Misi mengacu kepada indikator, satu (1) indikator bisa lebih dari satu misi, ada benang merahnya dengan misi, redaksinya operasional, terukur, kata kerja, dll, misalnya dengan kata “mewujudkan”, “memenuhi”, dan sebagainya. Mengacu indikator butir (b)  tentang: “Terwujudnya KTSP Sekolah , maka rumusan misinya antara lain:
a.      Mewujudkan Dokumen-1 atau Buku-1 KTSP
b.      Mewujudkan silabus semua mata pelajaran dan untuk semua jenjang/kelas/tingkatan
c.       Mewujudkan RPP semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan
d.      Mewujudkan  perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan kedepan
e.      Mewujudkan  diversifikasi kurikulum SMP agar relevan dengan kebutuhan, yaitu kebutuhan peserta didik, keluarga, dan berbagai sektor pembangunan dan sub-sub sektornya.
f.        Dan sebagainya sesuai dengan kondisi dan tuntutan sekolah masing-masing

Contoh lain:
a.      Mewujudkan sekolah inovatif
b.      Mewujudkan organisasi sekolah yang terus belajar (learning organization)
c.       Mewujudkan fasilitas sekolah yang relevan, mutakhir, dan berwawasan kedepan
d.      Mewujudkan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar dan adil
e.      Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu dan tangguh
f.        Mewujudkan manajemen berbasis sekolah yang tangguh
g.      Mewujudkan kemampuan olah raga yang tangguh dan kompetitif
h.      Mewujudkan sekolah wiyata mandala yang menikmatkan belajar siswannya
i.        Mewujudkan sekolah sehat
j.        Mewujudkan kemampuan seni yang tangguh dan kompetitif
k.       Mewujudkan kepramukaan yang menjadi suri tauladan
l.        Mewujudkan kemampuan KIR yang cerdas dan kompetentitif
m.    Mewujudkan nilai-nilai agama bagi kenikmatan hidup peserta didik
n.      Mewujudkan keterampilan kejuruan yang marketable dan kompetif
o.      Mewujudkan nilai-nilai solidaritas bagi kehidupan sekolah
p.      Dan sebagainya



BAB III  PROGRAM PRIORITAS DAN RENCANA PELAKSANAAN


a.      Dibuat program-program pokok atau dominan atau yang diprioritaskan dan yang realistis untuk mencapai tujuan selama 4 tahun.
b.      Program harus mengacu pada tujuan, misi, dan visi sekolah yang telah dirumuskan sebelumnya
c.       Program 4 tahun akan dijabarkan lebih rinci dalam program tahunan (1 tahunan)

Contoh program Prioritas:
1.      Pemenuhan Standar Isi:
a.   Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)
b.   Pengembangan silabus
c.    Pengembangan RPP
d.   Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya
e.   Pengembangan Panduan Pembelajaran
f.     Pengembangan Panduan Evaluasi Hasil Belajar
2.      Pemenuhan Standar Proses:
a.   Pemenuhan persiapan pembelajaran
b.   Pemenuhan persyaratan pembelajaran
c.    Peningkatan pelaksanaan pembelajaran
d.   Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran
e.   Peningkatan pengawasan proses pembelajaran
3.      Pemenuhan SKL SMP:
a.   Peningkatan prestasi bidang akademik
b.   Peningkatan prestasi bidang non akademik
c.    Peningkatan jumlah kelulusan
d.   Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi
4.      Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan:
a.   Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (kepala sekolah)
b.   Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru)
c.    Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya
d.   Dll
5.      Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:
a.   Pemenuhan srana dan prasarana minimal
b.   Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya
c.    Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian
d.   Dll

6.      Pemenuhan Standar Pengelolaan:
a.      Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah
b.      Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah
c.       Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
d.      Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan
e.      Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah)
f.        Pengembangan SIM sekolah
g.      Pengembangan standar ISO: 9001 tahun 2000 dan seterusnya
h.      Dll
7.      Pemenuhan Standar Pembiayaan Pendidikan:
a.      Peningkatan sumber dana pendidikan
b.      Pengembangan pengalokasian dana
c.       Pengembangan penggunaan dana
d.      Peningkatan pelaporan penggunaan dana
e.      Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana
f.        Pengembangan income generating unit/unit produksi/unis usaha sekolah
g.      Dll
8.      Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan:
a.      Peningkatan frekuensi ulangan harian
b.      Peningkatan pelaksanaan UTS
c.       Pengembangan materi UAS
d.      Pengembangan materi ulangan kenaikan kelas
e.      Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas
f.        Pengembangan instruman ulangan harian
g.      Pengembangan instrumen ulangan kenaikan kelas
h.      Pengembangan instrumen UTS
i.        Pengembangan instrumen UAS
j.        Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru
k.       Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah
l.        Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian
m.    Dll
9.      Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
a.      Pengembangan budaya bersih
b.      Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi)
c.       Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi
d.      Penciptaan budaya tata krama “in action”
e.      Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan bidang 6K
f.        Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dll
g.      Dll




B.            IDENTIFIKASI FUNGSI URUSAN-URUSAN SEKOLAH UNTUK MENCAPAI SETIAP SASARAN  PROGRAM

Rambu-rambu untuk langkah ini antara lain:
·         Identifikasi urusan/fungsi hanya untuk tiap sasaran
·         Selalu memperhatikan unsur-unsur yang lazim di dalam sistem pembelajaran, seperti:  PBM, kesiswaan, dana, guru, manajemen, media, buku, dll adalah dari internal sekolah, sedangkan fungsi dari eksternal antara lain: dana, pendidik, fasilitas, dsb
Misalnya:
Sasaran ke-1:  ”Sekolah mengembangkan silabus untuk kelas 7 semua mapel”
Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut:
1.      Internal:
a.      Guru
b.      Nara sumber
c.       Fasilitas komputer
d.      Tinta
e.      Kepala sekolah
f.        Kurikulum
g.      Dana
h.      ATK
i.        Tenaga administrasi
2.      Eksternal:
a.      Dana
b.      Komite sekolah
c.       Dinas pendidikan
Sasaran ke-2: ”Sekolah juara 1 bidang olah raga renang pada tingkat Kota tahun 2009
Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut:
1.   Internal:
a.      PBM/latihan
b.      Guru/pelatih
c.       Kolam
d.      Air
e.      Siswa
f.        Pakaian olah raga renang
g.      Dana
h.      Komite sekolah
i.        Orang tua
j.        Uji coba
2.  Eksternal:
a.      Dana
b.      Komite sekolah
c.       Dinas pendidikan
d.      Sarana olah raga renang
e.      Dan sebagainya

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam analisis ini:
a.      Analisis dilakukan tiap sasaran
b.      Analisis dilakukan pada setiap komponen/urusan sekolah dan faktor-faktornya (sub-sub komponennya)
c.       Dalam menentukan kriteria ideal menggunakan dasar dari aturan pemerintah, naskah akademik atau konsep dan pedoman lainnya yang relevan
d.      Dapat dilakukan justifikasi sendiri pada kriteria ideal yang bersifat umum
e.      Bila hasil analisis ternyata tingkat kesiapan siap semua berarti sasaran dapat ditingkatkan, demikian pula sebaliknya.
f.        Kriteria ideal dan kondisi nyata harus terukur secara jelas, tidak mengandung multi tafsir, sangat kualitatif, asal menentukan (tanpa dasar), dan sebagainya.

Misalnya analisis SWOT pada:
·         Sasaran ke-1: ”Sekolah mengembangkan silabus untuk kelas 7 semua mapel”
Komponen/Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
Tidak Siap
(1)
(2)
(3)
(5)
(5)
A. INTERNAL




1
Guru
·      Kualifikasi 100% S1
Kualifikasi 100% S1



·      Sesuai bidang studi 100%
Sesuai bidang studi 100%



·      Pengalaman pelatihan KBK min.3 kali
Pengalaman pelatihan KBK min.1 kali



·      Pengalaman mengajar min. 5 thn
Pengalaman mengajar min. 5 thn




·      Pengalaman pelatihan CTL min. 3 kali
Pengalaman pelatihan CTL min. 1kali



·      Jumlah guru min. 10 orang sesuai BS
Jumlah guru min. 7 orang sesuai BS

2
Nara Sumber
Dan seterusnya
Dan seterusnya


3
Fasilitas Komputer
Komputer Pentium 5
Komputer Pentium 5



Jumlah komputer 10 buah
Jumlah komputer 5 buah



Jumlah printer 3 bh
Jumlah printer 2 bh



Jumlah CD 10 bh
Jumlah CD 10 bh

4
............... dst
Dan seterusnya
Dan seterusnya


B.  EKSTERNAL




1
…………… dst




Analisis SWOT:
·         Sasaran ke-2: Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 8 semua mata pelajaran”
·         Sasaran ke-3: Sekolah mengembangkan silbus untuk kelas 9 semua mata pelajaran
·         Sasaran ke-4:  ..................................................................................................... dst



Merupakan cara, teknik, seni, metode dll dalam pelaksanakan program-program strategis

Contoh Strategi Pelaksanaan/Pencapaian:
a.      Dalam program Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: strateginya adalah menjalin kerjasama dengan Jejaring Kurikulum Tingkat Kab/Kota/Propinsi, Komite Sekolah dan stakeholder lain dalam melaksanakan kunjungan, workshop, lokakarya, seminar, In House Training, dll untuk menghasilkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
b.      Atau dalam program Pengembangan kurikulum: menjalin kerjasama dan mengoptimasikan warga sekolah dalam membuat pemetaan SK,KD,dll; membuat silabus, membuat RPP, membuat model-model penilaian, dll melalui workshop, IHT, dll untuk menghasilkan domkumen kurikulum sekolah.
c.       Dalam program Pengembangan srapras, bahan ajar, sumber belajar,  dan media pembelajaran: menjalin kerjasama dengan pihak lain dan mengoptimasikan SDM sekolah untuk mengembangkan, melengkapi, menambah, dsb dalam rangka memenuhi standar sarpras dan media pembelajaran sekolah;
d.      Dan sebagainya sesuai dengan karakteristik program dan kondisi sekolahnya.



E.      INDIKATOR KEBERHASILAN


Merupakan hasil-hasil pencapaian pelaksanaan program atau sebagai “indikator-indikator kunci keberhasilan”, baik kuantitas maupun kualitas yaitu dari program-program strategis yang direncanakan sesuai dengan standar nasional pendidikan. Hasil-hasil yang diharapkan adalah tingkat pencapaian tujuan dan program strategis seperti yang telah dirumuskan sebelumnya.

Contoh:
a.      Terealisasinya/tercapainya/terpenuhinya SKL SMP
b.      Terealisasinya/tercapainya/terpenuhinya standar isi
c.       Terealisasinya/tercapainya/terpenuhinya standar proses
d.      Terealisasinya/tercapainya/terpenuhinya standar tenaga pendidik dan kependidikan
e.      Terealisasinya/tercapainya/terpenuhinya sarana dan prasarana
f.        Terealisasinya/tercapainya/terpenuhinya standar pengelolaan
g.      Terealisasinya/tercapainya/terpenuhinya keuangan dan pembiayaan yang memadai
h.      Terealisasinya/tercapainya/terpenuhinya standar penilaian
i.        Terealisasinya/tercapainya/terpenuhinya pengemangan budaya dan lingkungan sekolah

Catatan:
Perlu ditambahkan bahwa hasil yang diharapkan agar memuat apa yang dihasilkan, kapan dicapai, dan tahapan pencapaian. Hasil-hasil yang dirumuskan di sini juga bisa disusun lebih rinci sama substansinya dengan rumusan program strategis yang telah disusun di atas.
Secara ringkas dapat juga ditabulasikan sebagai berikut:

Rencana Pelaksanaan Program :
No
Program
Kondisi Awal
Tahun I
Tahun II
Tahun III
Tahun IV
A.
PENGEMBANGAN STANDAR ISI

1.       Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)
2.       Pengembangan silabus
3.       Pengembangan RPP
4.       Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya
5.       Pengembangan Panduan Pembelajaran
6.       Pengembangan Panduan Evaluasi Hasil Belajar
7.       Dll

................
.................
...................
................
B.
PEMENUHAN STANDAR PROSES

1.       Pemenuhan persiapan pembelajaran
2.       Pemenuhan persyaratan pembelajaran
3.       Peningkatan pelaksanaan pembelajaran
4.       Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran
5.       Peningkatan pengawasan proses pembelajaran
6.       Dll






C.
PENINGKATAN SKL






1.       Peningkatan prestasi bidang akademik
2.       Peningkatan prestasi bidang non akademik
3.       Peningkatan jumlah kelulusan
4.       Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi
5.       Dll





D.
...................................dst









F.       SUPERVISI, MONITORING DAN EVALUASI


1.      Ingat: Program ini merupakan bagian TIDAK TERPISAHKAN dari program standar pengelolaan
2.      Supervisi, monitoring dan evaluasi ini merupakan salah satu rencana program strategis selama empat tahun untuk melaksanakan di sekolahnya. Terutama ditujukan untuk mengetahui kinerja sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya, serta untuk mengetahui kecukupan unsur-unsur sekolah lainnya sudah memenuhi/sesuai dengan SNP atau belum.
3.      Substansi a.l.: minimal 8 SNP dan satu aspek pendidikan (budaya dan lingkungan sekolah)
4.      Dilakukan oleh kepala sekolah atau tim yang dibentuk sekolah
5.      Bisa membuat atau mengadopsi instrumen dari berbagai instrumen yang ada seperti instrumen akreditasi atau lainnya yang relevan.
6.      Bisa melakukan kerjasama dengan pihak lain (eksternal)

Contoh program Supervisi dan Monev selama empat tahun:
  1. Mewujudkan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan dan hasil-hasilnya”
  2. Mewujudkan supervisi klinis (membuat instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, tindak lanjutnya)
  3. Mewujudkan supervisi klinis CTL, dan lainnya
  4. Mewujudkan evaluasi kinerja sekolah (internal)-à akhir tahun (menetukan tim, membuat instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, tindak lanjutnya)
  5. Dll

Bentuk Program:
  1. Pemenuhan Supervisi Sekolah
  2. Pemenuhan Monitoring Pelaksanaan Program Sekolah
  3. Pemenuhan Evaluasi Kinerja Sekolah
  4. Pemenuhan Evaluasi Kinerja Guru dan tenaga kependidikan lainnya


BAB IV  RINCIAN PENGGUNAAN DANA
A.           JADWAL KEGIATAN
Ketentuan:
a.      dibuat per minggu per bulan dalam satu tahun
b.      dimasukkan semua program yang telah ditulis sebelumnya
c.       Ingat kalender pendidikan
d.      Dll


  1. Pembiayaan program dibuat dalam bentuk RAPBS. Pembiayaan untuk 4 tahun, tiap tahunnya dapat dibuat rinci dari berbagai sumber atau langsung perkiraan totalnya dari berbagai sumber. Ingat bahwa semua perolehan dana dari semua sumber dimasukkan dalam RKAS-1
  2. Pada kolom program, tinggal memasukkan program – program strategis yang telah dibuat sebelumnya
  3. Bisa dibuat tabulasi atau bentuk lain yang informatif dan jelas
  4. Sangat dimungkinkan satu program strategis dapat dibiayai dari lebih satu sumber dana (pembiayaan saling melengkapi atau subsidi silang) dengan tetap mengacu kepada peraturan masing-masing yang berlaku.
  5. Semua program strategis harus dimasukkan dalam RAPBS
  6. Termasuk komponen yang dimasukkan ke dalam kolom program adalah seperti: langganan jasa dan daya, keperluan sehari-hari, pemeliharaan gedung dan ruang serta inventaris, pengadaan sarana kantor/pendidikan, dll.
  7. Contoh format RAPBS untuk 4 tahun sebagai berikut:
Lampiran Buku II

 RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH (RAPBS)  4 TAHUN
SMP ................................................... TAHUN AJARAN ............... SD ......................

.................... 20........
Mengetahui/Menyetujui                                     Komite Sekolah                            Kepala Sekolah
Kepala Dinas Pendidikan
Kab/kota


(..............................)                                                                                   (..............................)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

b