Minggu, 01 Januari 2012

Ulangan Harian IPS Kelas 9 (Bab II)



A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.         Salah satu tindakan Hittler dalam mengembangkan fasisme adalah membunuh dan mengusir orang-orang Yahudi. Alasan tindakan Hittler adalah ... .
a.    orang Yahudi menguasai perekonomian Jerman
b.    Adolf Hittler sangat membenci orang Yahudi
c.     orang Yahudi dianggap sebagai biang kekalahan Jerman dalam PD I
d.    orang Yahudi tidak mau tunduk pada kebijaksanaan Hittler

2.         Negara-negara fasis pada umumnya menganut paham chauvinisme, yaitu ... .
a.    menganggap dirinya unggul dari ras lainnya
b.    negara di atas segala kepentingan rakyat
c.     menganggap semua bangsa itu sama
d.    memimpikan persatuan seluruh negara di bumi

3.         Secara khusus, Perang Dunia II di kawasan Eropa disebabkan oleh ... .
a.    terbunuhnya putra mahkota Austria
b.    serangan Jepang terhadap pangkalan Sekutu di Hawai
c.     serangan Jerman terhadap kota Danzig di Polandia
d.    politik mencari kawan di antara negara-negara Eropa

4.         Perjanjian San Fransisco berisi antara lain ... .
a.    daerah Italia dipersempit
b.    Pulau Kurile dan Sakhalin diserahkan kepada Rusia
c.     Jerman dibagi menjadi dua daerah pendudukan
d.    Jerman harus mengganti kerugian perang

5.         Alasan perlawanan rakyat terhadap Jepang adalah kewajiban melakukan seikerei, yaitu ... .
a.    wajib menjadi tenaga romusha
b.    mengikuti latihan militer ala Jepang
c.     melakukan penghormatan terhadap Kaisar Jepang
d.    menyerahkan tanaman padi kepada Jepang

6.         Berikut ini yang merupakan alasan munculnya perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang, kecuali ... .
a.    adanya penderitaan rakyat akibat kekejaman Jepang
b.    kewajiban melakukan seikerei
c.     kesewenang-wenangan tindakan Jepang
d.    Jepang tidak segera memerdekakan Indonesia

7.         Pada masa pemerintahannya di Indonesia, Jepang berusaha mengeksploitasi sumber kekayaan alam Indonesia sebab ... .
a.    Indonesia sudah menjadi jajahan Jepang
b.    Jepang khawatir kekayaan alam Indonesia dihabiskan oleh Belanda
c.     Jepang membutuhkan sumber kekayaan alam Indonesia untuk membantu perang Jepang
d.    kebutuhan yang dicari Jepang hanya ada di Indonesia

8.         Peristiwa penting yang menandai dimulainya penjajahan Jepang di Indonesia yaitu ... .
a.    dibomnya pangkalan angkatan laut AS di Pearl Harbour
b.    Belanda menyerahkan kepada Jepang dalam Perjanjian Kalijati
c.     Jepang masuk ke Indonesia lewat Tarakan
d.    dibomnya kota Hiroshima dan Nagasaki

9.         Beberapa propaganda awal Jepang untuk menarik hati bangsa Indonesia kecuali ... .
a.    mengizinkan menyanyikan lagu Indonesia Raya
b.    melarang penggunaan Bahasa Belanda
c.     mengizinkan penggunaan bahasa Indonesia
d.    memberikan kemerdekaan secara bertahap

10.     Heiho dan PETA yang dibentuk pemerintah Jepang mempunyai tugas utama ...
a.    mempertahankan Indonesia dari serangan musuh
b.    membantu Jepang di front pertempuran Asia Pasifik
c.     menjaga ketertiban umum
d.    memperkuat pasukan Jepang di Indonesia

11.     Tujuan yang sebenarnya dari Jepang membentuk organisasi semi militer adalah ... .
a.    membantu pertahanan bangsa Indonesia menghadapi Belanda
b.    mempersiapkan tenaga prajurit untuk membantu Jepang
c.     mendidik bangsa Indonesia agar siap jika merdeka kelak
d.    menambah kekuatan angkatan perang di negeri Jepang

12.     Tugas badan Cuo Sangi In hampir sama dengan badan DPA yaitu ... .
a.    memeriksa kebijakan-kebijakan yang akan diambil pemerintah Jepang
b.    mengadili setiap anggota PETA yang melakukan pemberontakan
c.     mengajukan usul dan pertimbangan kepada pemerintah Jepang
d.    menyampaikan aspirasi rakyat Indonesia kepada pemerintah Jepang

13.     Jepang akhirnya membubarkan Gerakan Tiga A sebab ... .
a.    Gerakan Tiga A murni bentukan Jepang
b.    Gerakan Tiga A tidak bermanfaat bagi bangsa Indonesia
c.     Gerakan Tiga A didominasi orang-orang Jepang
d.    Gerakan Tiga A tidak mendapat sambutan dari rakyat Indonesia

14.     Bagi bangsa Indonesia, Putera bertujuan untuk ... .
a.    mengerahkan rakyat untuk mengumpulkan padi
b.    mempersatukan kekuatan untuk melawan Jepang
c.     membangun kembali segala yang telah dirobohkan oleh Belanda
d.    menyelidiki kekuatan Jepang dalam Perang Pasifik

15.     Alasan Syahrir melakukan perlawanan terhadap Jepang adalah ... .
a.    Jepang adalah negara fasis
b.    Jepang tidak segera memerdekakan Indonesia
c.     menolak modernisasi yang dilakukan oleh Jepang
d.    penderitaan rakyat yang sangat berat

16.     Pernyataan berikut yang benar mengenai stratifikasi sosial masyarakat Jepang, kecuali ... .
a.    golongan pribumi menempati lapisan paling bawah
b.    lapisan paling atas ditempati oleh golongan Jepang
c.     Lapisan kedua diduduki oleh golongan pribumi
d.    golongan Timur Asing menempati lapisan paling bawah

17.     Dampak Perang Dunia II bagi Indonesia antara lain ... .
a.    pergerakan nasional semakin radikal
b.    Indonesia mulai dijajah Jepang
c.     Belanda memberikan kemerdekaan kepada jajahannya
d.    negara-negara imperialis memberi kemerdekaan kepada jajahannya

18.     Untuk menghadapi invasi Jepang di Asia Tenggara, maka pihak Sekutu ... .
a.    segera memerdekakan tanah jajahannya
b.    mengadakan kerja sama dengan sayap kiri Jepang
c.     meminta bantuan Amerika Serikat dan Rusia
d.    membentuk komando gabungan ABDACOM

19.     Pemberontakan PETA di Blitar dapat dikatakan mengalami kegagalan sebab ... .
a.    persenjataan Jepang lebih modern
b.    rencana pemberontakan sudah diketahui oleh Jepang
c.     tidak mendapat dukungan dari rakyat
d.    persiapan yang kurang matang

20.     Aspek mentalitas yang ditimbulkan dari adanya romusha adalah ... .
a.    desa kehilangan para pemuda dan kaum laki-laki
b.    masyarakat pedesaan dihantui oleh ketakutan kolektif
c.     terjadi kelaparan dan wabah penyakit
d.    ekonomi rakyat mengalami kerusakan

B. Kerjakan soal-soal berikut!
1.         Apakah latar belakang terjadinya Perang Dunia II?
2.         Bagaimana usaha Benito Mussolini dalam mengembangkan fasisme?
3.         Bagaimana pengaruh PD II bagi kehidupan politik dan ekonomi Indonesia?
4.         Mengapa kedatangan Jepang pada awalnya disambut dengan rasa senang oleh rakyat Indonesia?
5.         Mengapa Gerakan 3A dianggap gagal oleh Jepang?
6.         Bagaimana strategi perjuangan bangsa Indonesia pada masa pendudukan Jepang?
7.         Mengapa Putera dianggap lebih menguntungkan bangsa Indonesia daripada Jepang?
8.         Jelaskan eksploitasi sumber daya alam dan tenaga manusia yang dilakukan Jepang di Indonesia!
9.         Bandingkan cara eksploitasi sumber daya alam dan tenaga rakyat yang dilakukan oleh Belanda dengan Jepang!
10.     Jelaskan dampak yang ditimbulkan dari pendudukan Jepang di Indonesia!

Ulangan Harian IPS Kelas 9

Dapatkan Uang GRATIS!!!!! 
Klik Gambar di bawah ini!

A.        Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.         Kualitas penduduk suatu negara dapat ditunjukkan dengan hal-hal berikut, kecuali ... .
a.    tingginya tingkat pendidikan
b.    tingginya angka ketergantungan
c.     tingginya angka harapan hidup
d.    tingginya tingkat kesehatan

2.         Masalah kependudukan yang dialami negara berkembang, kecuali ... .
a.    laju pertumbuhan penduduknya tinggi
b.    persebaran penduduk tidak merata
c.     ekspornya berupa barang mentah
d.    tingginya angka beban tanggungan

3.         Berikut merupakan ciri-ciri negara maju, kecuali ... .
a.    pendapatan perkapita masyarakatnya tinggi
b.    pertumbuhan penduduk tinggi
c.     pertumbuhan ekonomi tinggi
d.    kualitas penduduk tinggi

4.         Berikut merupakan tahap-tahap perkembangan negara menurut Rostow, kecuali ... .
a.    tahap perdagangan awal
b.    tahap prakondisi lepas landas
c.     tahap masyarakat tradisional
d.    tahap konsumsi massa tinggi

5.         Negara-negara di kawasan belahan bumi Utara identik dengan negara-negara maju. Namun demikian ada juga negara maju yang terletak di belahan bumi Selatan yaitu ... .
a.    Singapura dan Korea Selatan
b.    Australia dan Selandia Baru
c.     Jepang dan Taiwan
d.    Singapura dan Australia

6.         Selain sektor industri, perekonomian Jepang juga ditunjang dari sector pertanian yang sangat maju. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mendukung kemajuan sektor pertanian Jepang, kecuali ... .
a.    memiliki tanah yang subur
b.    memiliki dataran rendah yang sangat luas
c.     pengobalahan lahan ditunjang dengan mekanisasi pertanian
d.    pemanfaatan Iptek untuk menciptakan varietas baru yang unggul

7.         Meskipun negara-negara seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab memiliki pendapatan perkapita tinggi, namun secara umum negara-negara tersebuh masih tergolong negara berkembang. Hal tersebut dikarenakan negaranegara tersebut masih menunjukkan karakteristik negara berkembang seperti berikut ini, kecuali ... .
a.    masih banyak penduduknya yang tinggal di pedesaan
b.    perekonomiannya masih sangat tergantung pada ekspor bahan mentah (minyak)
c.     masyarakatnya sudah mampu memenuhi kebutuhan primer dan tersier
d.    memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap bangsa Barat

8.         Kesadaran hukum dan penghormatan terhadap hak asasi manusia dijunjung tinggi merupakan ciri dari ... .
a.    negara-negara Selatan
b.    negara merdeka
c.     negara maju
d.    negara berkembang

9.         Salah satu ciri masyarakat tradisional adalah ... .
a.    kegiatan ekonomi berorientasi pasar
b.    kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sendiri
c.     telah melakukan ekspor impor
d.    munculnya peran jasa dalam perdagangan

10.     Salah satu faktor kondisi fisik yang mendorong kemajuan sektor peternakan di Amerika Serikat adalah ... .
a.    memiliki area praire yang sangat luas
b.    memiliki iklim tropis dengan curah hujan tinggi
c.     memiliki modal yang besar
d.    terdapat wilayah pegunungan yang luas

11.     Salah satu faktor yang mendorong kemajuan pertanian di Amerika Serikat adalah adanya pengelolaan lahan secara intensif dengan cara pola pertanian per kawasan. Salah satu diantaranya adalah daerah yang disebut dengan istilah “cotton belt” yaitu suatu kawasan untuk ... .
a.    kawasan gandum musim dingin
b.    kawasan gandum musim semi
c.     kawasan lahan jagung
d.    kawasan lahan kapas

12.     Berikut ini yang bukan termasuk alasan bahwa negara Singapura termasuk kelompok negara maju adalah ... .
a.    memiliki tingkat pendapatan perkapita tinggi
b.    lebih dari 80% penduduknya tinggal di daerah perkotaan
c.     komoditas ekspor didominasi oleh bangsa-bangsa hasil produksi
d.    luas negaranya relatif kecil

13.     Michael Todaro membagi wilayah negara-negara di dunia menjadi kawasan Utara dan kawasan Selatan. Kawasan Utara merupakan sebutan untuk negara-negara maju. Hal tersebut dikarenakan ... .
a.    sebagian besar negara-negara maju terletak di belahan bumi Utara
b.    negara-negara maju dilalui garis balik Utara
c.     Amerika Serikat dan Kanada dekat dengan kutub Utara
d.    negara-negara di belahan bumi Utara kaya sumber daya alam

14.     Salah satu faktor yang menunjang, negara Jepang maju di bidang perikanan adalah perairan Jepang yang kaya ikan. Hal tersebut dikarenakan ... .
a.    Jepang terletak di daerah lintang Utara
b.    Jepang memiliki iklim yang bervariasi
c.     adanya pertemuan arus hangat (Kurosyiwo) dan arus dingin (Oyasyiwo)
d.    Jepang mempunyai teknologi pengolahan ikan yang canggih

15.     Berikut ini adalah kota-kota penting yang berada di pulau yang diberi tanda X pada peta di samping kecuali ... .
a.    Kyoto
b.    Osaka
c.     Nagasaki
d.    Tokyo




16.     Rendahnya pendapatan perkapita terkait dengan hal-hal berikut, kecuali ... .
a.    minimnya ketersediaan sumber-sumber alam
b.    rendahnya tingkat pendidikan
c.     tingginya angka kemiskinan dan pengangguran
d.    tingginya angka beban ketergantungan

17.     Sebagai negara yang menganut paham ekonomi kapitalis dan perdagangan bebas, Amerika Serikat menjalin hubungan dagang dengan hampir semua negara di dunia. Berikut ini yang bukan termasuk komoditas ekspor negara AS adalah ... .
a.    mesin-mesin otomotif
b.    persenjataan
c.     bahan-bahan baku industri
d.    bahan-bahan kimia

18.     Meskipun didominasi oleh wilayah gurun, sektor pertanian Mesir cukup maju. Hal tersebut karena ... .
a.    Mesir dilalui aliran Sungai Nil dengan kawasan lembah dan delta yang subur
b.    Mesir memiliki iklim tropis yang banyak curah hujan
c.     ditunjang oleh mekanisasi pertanian yang canggih
d.    memiliki modal yang besar

19.     Salah satu ciri negara-negara berkembang adalah produktivitas masyarakatnya masih didominasi barang-barang primer, hal ini dikarenakan ... .
a.    keterbatasan fasilitas umum
b.    kualitas penduduk masih rendah
c.     miskin kekayaan alam
d.    sebagian besar penduduk bercorak agraris

20.     Pada umumnya, sektor industri yang dikembangkan di negara-negara berkembang adalah industri yang bersifat padat karya. Hal tersebut dikarenakan alasan ... .
a.    modal yang kurang
b.    kemajuan teknologi
c.     penduduk yang banyak
d.    tingkat pendidikan yang rendah

B.        Kerjakan soal-soal berikut!
1.         Sebutkan lima tahapan perkembangan negara menurut W.W. Rostow!
2.         Sebutkan beberapa masalah kependudukan yang umum terjadi pada negara berkembang!
3.         Sebutkan minimal 4 negara di Benua Eropa yang tergolong sebagai negara maju!
4.         Jelaskan perbedaan antara negara berkembang dan negara maju!
5.         Sebutkan kota-kota utama di Jepang sekaligus fungsi atau perannya!
6.         Berdasarkan tahapan perkembangan suatu negara, maka negara Indonesia termasuk dalam tahap apa? Jelaskan alasannya!
7.         Negara-negara di kawasan Jazirah Arab memiliki pendapatan perkapita dan pendapatan nasional yang tinggi, namun masih dikategorikan sebagai negara berkembang. Mengapa demikian?
8.         Sebutkan nama negara yang mendapat julukan “macan Asia”! Mengapa dijuluki demikian?
9.         Apa dasar yang digunakan untuk mengelompokkan suatu negara menjadi “negara maju” dan “negara berkembang”? Jelaskan pendapat kalian!
10.     Bagaimanakah peranan dan fungsi Terusan Suez bagi Mesir dan juga bagi dunia internasional pada umumnya? Jelaskan pendapat kalian!

Minggu, 18 Desember 2011

TEORI SIGMUND FREUD


Sigmund Freud
Psikoanalasis
Sigmund Freud, Bapak psikoanalsis ini dilahirkan di Moravia pada tanggal 6 Mei 1856 dan meninggal pada tanggal 23 September 1939. Pada tahun 1873, ia masuk fakultas kedokteran Universitas Wina, dan tamat pada tahun1881.
Pada tahun 1902, Freud mengundang segelintir dokter-dokter muda Wina guna mendiskusikan isu-isu psikologis. Kelima pria, Freud, Alfred Adler, Wilhelm Stekel, Max Kahane, dan Rudolf Reitler membentuk Wednesday Psychological Society, dengan Freud sebagai pemimpin diskusi. Tahun 1908, organisasi ini mengambil nama yang lebih formal – Vienna Psychoanalityc Society. Pada tahun 1910, Freud dan para pengikutnya membentuk Asosiasi Psikoanalisis Internasional (International Psychoanalitic Association) yang diketuai oleh Carl Jung yang berasal dari Zurich.
POKOK-POKOK TEORI KEPRIBADIAN FREUD
Teori Freud mengenai kepribadian dapat dijelaskan dalam rangka struktur, dinamika dan perkembangan kepribadian.
1.   Struktur Kepribadian
1.   Das Es (Id)
Istilah yang diambil dari kata ganti untuk “sesuatu” atau “itu”. Id tidak mempunyai kontak dengan dunia nyata, tetapi selalu berupaya untuk meredam ketegangan dengan cara memuaskan hasrat-hasrat dasar. Aspek ini adalah aspek biologis dan merupakan sistem original di dalam kepribadian. Id berisikan hal-hal yang dibawa sejak lahir, termasuk instink-instink, Id merupakan “reservoir” energi psikis yang menggerakkan Das Ich (ego) dan Das Ueber Ich (super ego). Energi psikis dalam Id dapat meningkat karena adanya perangsang, baik perangsang dari luar maupun perangsang dari dalam. Apabila energi itu meningkat dapat menimbulkan ketegangan, dengan segera Id mereduksikan energi untuk menghilangkan ketegangan, pedoman ini disebut Freud dengan “Prinsip Kenikmatan” (pleasure priciple). Untuk mencapai kenikmatan, Id mempunyai duacara (alat proses), yaitu :
  • Refleks dan reaksi-reaksi otomatis, misalnya bersin, berkedip.
  • Proses primer, misalnya orang lapar membayangkan makanan.

Senin, 28 Maret 2011

Pengertian dan Unsur-Unsur Pendidikan

Seorang calon pendidik hanya dapat melaksanakan tugasnya denga nbaik jika memperoleh jawaban yang jelas dan benar tentang apa yang dimaksud pendidikan. Jawaban yang benar tentang pendidikan diperoleh melalui pemahaman terhadap unsur-unsurnya, konsepdasar yang melandasinya, dan wujud pendidikan sebagi sistem. Bab II ini akan mengkaji pengertian pendidikan,unsur-unsur pendidikan, dan sistem pendidikan.


A. PENGERTIAN PENDIDIKAN

1. Batasan tentang Pendidikan

Batasan tentang pendidikan yang dibuat oleh para ahli beraneka ragam, dan kandungannya berbeda yang satu dari yang lain. Perbedaan tersebut mungkin karena orientasinya, konsep dasar yang digunakan, aspek yang menjadi tekanan, atau karena falsafah yang melandasinya.

a. Pendidikan sebagai Proses transformasi Budaya

Sebagai proses transformasi budaya, pendidikan diartikan sebagai kegiatan pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang lain. Nilai-nilai budaya tersebut mengalami proses transformasi dari generasi tua ke generasi muda. Ada tiga bentuk transformasi yaitu nilai-nilai yang masih cocok diteruskan misalnya nilai-nilai kejujuran, rasa tanggung jawab, dan lain-lain.

b. Pendidikan sebagai Proses Pembentukan Pribadi

Sebagai proses pembentukan pribadi, pendidikan diartikan sebagi suatu kegiatan yang sistematis dan sistemik terarah kepada terbentuknya kepribadian peserta didik. Proses pembentukan pribadi melalui 2 sasaran yaitu pembentukan pribadi bagi mereka yang belum dewasa oleh mereka yang sudah dewasa dan bagi mereka yang sudah dewasa atas usaha sendiri.

c. Pendidikan sebagai Proses Penyiapan Warganegara

Pendidikan sebagai penyiapan warganegara diartikan sebagai suatu kegiatan yang terencana untuk membekali peserta didik agar menjadi warga negara yang baik.

d. Pendidikan sebagai Penyiapan Tenaga Kerja

Pendidikan sebagai penyimpana tenaga kerja diartikan sebagai kegiatan membimbing peserta didik sehingga memiliki bekal dasar utuk bekerja. Pembekalan dasar berupa pembentukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan kerja pada calon luaran. Ini menjadi misi penting dari pendidikan karena bekerja menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia.

e. Definisi Pendidikan Menurut GBHN

GBHN 1988(BP 7 pusat, 1990: 105) memberikan batasan tentang pendidikan nasional sebagai berikut: pendidikan nasiaonal yang berakar pada kebudayaan bangsa indonesia dan berdasarkan pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945 diarahkan untuk memingkatkan kecerdasan serta dapat memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dan bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

2. Tujuan dan proses Pendidikan

a. Tujuan pendidikan

Tujuan pendidikan memuat gambaran tentang nilai-nilai yang baik, luhur, pantas, benar, dan indah untuk kehidupan. Pendidikan memiliki dua fungsi yaitu memberikan arah kepada segenap kegiatan pendidikan dazn merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh segenap kegiatan pendidikan.

b. Proses pendidikan

Proses pendidikan merupakan kegiatan mobilitas segenap komponen pendidikan oleh pendidik terarah kepada pencapaian tujuan pendidikan, Kualitas proses pendidikan menggejala pada dua segi, yaitu kualitas komponen dan kualitas pengelolaannya , pengelolaan proses pendidikan meliputi ruang lingkup makro, meso, mikro. Adapun tujuan utama pemgelolaan proses pendidikan yaitu terjadinya proses belajar dan pengalaman belajar yang optimal.

3. Konsep Pendidikan Sepanjang Hayat (PSH)

PSH bertumpu pada keyakinan bahwa pendidikan itu tidak identik dengan persekolahan, PSH merupakan sesuatu proses berkesinambungan yang berlangsung sepanjang hidup. Ide tentang PSH yang hampir tenggelam, yang dicetuskan 14 abad yang lalu, kemudian dibangkitkan kembali oleh comenius 3 abad yang lalu (di abad 16). Selanjutnya PSH didefenisikan sebagai tujuan atau ide formal untuk pengorganisasian dan penstrukturan pengalaman pendidikan. Pengorganisasian dan penstruktursn ini diperluas mengikuti seluruh rentangan usia, dari usia yang paling muda sampai paling tua.(Cropley:67)

Berikut ini merupakan alasan-alasan mengapa PSH diperlukan:
a. Rasional
b. Alasan keadilan
c. Alasan ekonomi
d. Alasan faktor sosial yang berhubungan dengan perubahan peranan keluarga, remaja, dan emansipasi wanita dalam kaitannya dengan perkembangan iptek
e. Alasan perkembangan iptek
f. Alasan sifat pekerjaan

4. Kemandirian dalam belajar

a. Arti dan perinsip yang melandasi

Kemandirian dalam belajar diartikan sebagai aktivitas belajar yang berlangsungnya lebih didorong oleh kamauan sendiri, pilihan sendiri, dan tanggung jawab sendiri dari pembelajaran. Konsep kemandirian dalam belajar bertumpu pada perinsip bahwa individu yang belajar akan sampai kepada perolehan hasil belajar.

b. Alasan yang menopang

Conny Semiawan, dan kawan-kawan (Conny S. 1988; 14-16) mengemukakan alasan sebagai berikut:

a. Perkembangan iptek berlangsung semakin pesat sehingga tidak mungkin lagi para pendidik(khususnya guru) mengajarkan semua konsep dan fakta kepada peserta didik.

b. Penemuan iptek tidak mutlak benar 100%, sifatnya relatif.

c. Para ahli psikologi umumnya sependapat, bahwa peserta didik mudah memahami konsep-konsep yang rumit dan abstrak jika disertai dengan contoh-contoh konkret dan wajar sesuai dengan situasi dan kondidi yang dihadapi dengan mengalami atau mempraktekannya sendiri.

d. Dalam proses pendidikan dan pembelajaran pengembangan konsep seyogyanya tidak dilepaskan dari pengembangan sikap dan penanaman nilai-nilai ke dalam diri peserta didik.

B. UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN

Proses pendidikan melibatkan banyak hal yaitu:
1. Subjek yang dibimbing (peserta didik).
2. Orang yang membimbing (pendidik)
3. Interaksi antara peserta didik dengan pendidik (interaksi edukatif)
4. Ke arah mana bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan)
5. Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan)
6. Cara yang digunakan dalam bimbingan (alat dan metode)
7. Tempat dimana peristiwa bimbingan berlangsung (lingkungan pendidikan)

Penjelasan:

1. Peserta Didik

Peserta didik berstatus sebagai subjek didik. Pandangan modern cenderung menyebutkan demikian oleh karena peserta didik adalah subjek atau pribadi yang otonom, yang ingin diakui keberadaannya.

Ciri khas peserta didik yang perlu dipahami oleh pendidik ialah:

a. Individu yang memiliki potensi fisik dan psikis yang khas, sehingga merupakan insan yang unik.

b. Individu yang sedang berkembang.

c. Individu yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi.

d. Individu yang memiliki kemampuan untuk mandiri.

2. Orang yang membimbing (pendidik)

Yang dimaksud pendidik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta didik. Peserta didik mengalami pendidikannya dalam tiga lingkunga yaitu lingkungankeluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masayarakat. Sebab itu yang bertanggung jawab terhadap pendidikan ialah orang tua, guru, pemimpin program pembelajaran, latihan, dan masyarakat.

3. Interaksi antara peserta didik dengan pendidik (interaksi edukatif)

Interaksi edukatif pada dasarnya adalah komunikasi timbal balik antara peserta didik dengan pendidik yang terarah kepada tujuan pendidikan. Pencapaian tujuan pendidikan secara optimal ditempuh melalui proses berkomunikasi intensif dengan manipulasi isi, metode, serta alat-alat pendidikan.

4. Ke arah mana bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan)

a. Alat dan Metode

Alat dan metode diartikan sebagai segala sesuatu yang dilakukan ataupun diadakan dengan sengaja untuk mencapai tujuan pendidikan. Secara khusus alat melihat jenisnya sedangkan metode melihat efisiensi dan efektifitasnya. Alat pendidikan dibedakan atas alat yang preventif dan yang kuratif.

b. Tempat Peristiwa Bimbingan Berlangsung (lingkungan pendidikan)

Lingkungan pendidikan biasanya disebut tri pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.

C. PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM

1. Pengertian Sistem

Beberapa definisi sitem menurut para ahli:

a. Sistem adalah suatu kebulatan keseluruhan yang kompleks atau terorganisir; suatu himpunan atau perpaduan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan/keseluruhan yang kompleks atau utuh. (Tatang M. Amirin, 1992:10)

b. Sistem meruapakan himpunan komponen yang saling berkaitan yang bersama-sama berfungsi untuk mencapai suatu tujuan. (Tatang Amirin, 1992:10)

c. Sistem merupakan sehimpunan komponen atau subsistem yang terorganisasikan dan berkaitan sesuai rencana untuk mencapai suatu tujuan tertentu. (Tatang Amirin, 1992:11)


2. Komponen dan Saling Hubungan antara Komponen dalam Sistem Pendidikan.

Pendidikan sebagai sebuah sistem terdiri dari sejumlah komponen. Komponen tersebut antara lain: raw input (sistem baru), output(tamatan), instrumentalinput(guru, kurikulum), environmental input(budaya, kependudukan, politik dan keamanan).

3. Hubungan Sistem Pendidikan dengan Sitem Lain dan Perubahan Kedudukan dari Sistem

Sistem pendidikan dapat dilihat dalam ruang lingkup makro. Sebagai subsistem, bidang ekonomi, pendidikan,dan politik masing-masing-masing sebagai sistem. Pendidikan formal, nonformal, dan informal merupakan subsistem dari bidang pendidikan sebagai sistem dan seterusnya.

4. Pemecahan masalah pendidikan secara sistematik.

a. Cara memandang sistem

Perubahan cara memandang suatu status dari komponen menjadi sitem ataupunsebaliknya suatu sitem menjadi komponen dari sitem yang lebih besar, tidak lain daripada perubahan cara memandang ruang lingkup suatu sitem atau dengan kata lain ruang lingkup suatu permasalahan.

b. Masalah berjenjang

Semua masalah tersebut satu sama lain saling berkaitan dalam hubungan sebab akibat, alternatif maslah, dan latar belakang masalah.

d. Analisis sitem pendidikan

Penggunaan analisis sistem dalam pendidikan dimaksudkan untuk memaksimalkan pencapaian tujuan pendidikan dengan cara yang efesien dan efektif. Prinsip utama dari penggunaan analisis sistem ialah: bahwa kita dipersyaratkan untuk berpikir secra sistmatik, artinya harus memperhitungkan segenap komponen yang terlibat dalam maslah pendidikan yang akan dipecahkan.

e. Saling hubungan antarkomponen

Komponen-komponen yang baik menunjang terbentuknya suatu sistem yang baik. Tetapi komponen yang baik saja belum menjamin tercapainya tujuan sistem secara optimal, manakala komponen tersebut tidak berhibungan secra fungsional dengan komponen lain.

f. Hubungan sitem dengan suprasistem

Dalam ruang lingkup besar terlihat pula sistem yang satu saling berhubungan dengan sistem yang lain. Hal ini wajar, oleh karena pada dasarnya setiap sistem itu hanya merupakan satu aspek dari kehidupan. Sdangkan segenap segi kehidupan itu kita butuhkan, sehingga semuanya memerlukan pembinaandan pengembangan.

5. Keterkaitan antara pengajaran dan pendidikan

Kesimpulan yang dapat ditarik dari persoalan pengajaran dan pendidikan adalah:

a. pengajaran dan pendidikan dapat dibedakan, tetapi tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Masing-masing saling mengisis.

b. Pembedaan dilakukan hanya untuk kepentingan analisis agar masing-masing dapat dipahami lebih baik.

c. Pendidikan modern lebih cenderung mengutamakan pendidikan, sebab pendidikan membentuk wadah, sedangkan pengajaran mengusahakan isinya. Wadah harus menetap meskipun isi bervariasi dan berubah.



6. Pendidikan prajabatan (preservice education) dan pendidikan dalam jabatan (inservice education) sebagai sebuah sistem.

Pendidikan prajabatan berfungsi memberikan bekal secara formal kepada calon pekerja dalam bidang tertentu dalam periode waktu tertentu. Sedangkan pendidikan dalam jabatan bermaksud memberikan bekal tambahan kepada oramg-orang yang telah bekerja berupa penataran, kursus-kursus, dan lain-lain. Dengan kata lain pendidikan prajabatan hanya memberikan bekal dasar, sedangkan bekal praktis yang siap pakai diberikan oleh pendidikan dalam jabatan.

7. Pendidikan formal, non-formal, dan informal sebagai sebuah sistem.

Pendidikan formal yang sering disebut pendidikan persekolahan, berupa rangkaian jenjang pedidikan yang telah baku, misalnya SD,SMP,SMA, dan PT. Pendidikan nonformal lebih difokuskan pada pemberian keahlian atau skill guna terjun ke masyarakat. Pendidikan informal adalah suatu fase pendidikan yang berada di samping pendidikan formal dan nonformal.

Dapat disimpulkan bahwa pendidikan formal, nonformal, dan informal ketiganya hanya dapat dibedakan tetapi sulit dipisah-pisahkan karena keberhasilan pendidikan dalam arti terwujudnya keluaran pendidikan yang berupa sumberdaya manusia sangat bergantung kepada sejauh mana ketiga sub-sistem tersebut berperanan.

  • Sumber Bacaan: Tirtarahardja, Umar dan S.L. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Senin, 28 Februari 2011

8 KETERAMPILAN DASAR SEORANG GURU

Tugas dan tanggung jawab seorang guru dalam pembelajaran sangatlah berat. Agar dapat menjalankan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya tersebut harus memiliki berbagai keterampilan yang dapat membantu dan menunjang pengabdian pada pekerjaannya yaitu sebagai pengajar, pelatih dan pendidik. Keterampilan ini harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan efektif, efisien dan optimal. Berikut ini akan disampaikan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru .

1. Keterampilan Bertanya

Keterampilan bertanya sangat penting dikuasai oleh seorang guru karena hampir pada setiap kegiatan pembelajaran guru mengajukan pertanyaan dan kualitas pertanyaan guru menentukan kualitas jawaban yang diberikan peserta didik. Dengan menerapkan keterampilan bertanya yang efektif dan efisien dalam proses pembelajaran guru dapat meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berpikir, memperoleh dan memperluas pengetahuan serta meningkatkan motivasi peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Keterampilan bertanya dasar mempunyai beberapa komponen dasar yang perlu diterapkan dalam mengajukan segala jenis pertanyaan. Keterampilan bertanya dasar mempunyai beberapa komponen yang harus dikuasai dan dipahami guru dalam upaya pencapaian tujuan mengajukan pertanyaan dalam pembelajaran. Komponen-komponen tersebut adalah:

Senin, 21 Juni 2010

Daftar Kode Telepon Internasional


Country Code ( + Kode Negara)                                                       

  • Afghanistan 93
  • Albania 355
  • Algeria 213
  • American Samoa +1-684*

Kode Telepon di Indonesia