Selasa, 06 Januari 2015

KISI-KISI SOAL UN TAHUN 2015

KISI-KISI SOAL UN SMP/MTs TAHUN PELAJARAN 2014/2015

1.  BAHASA INDONESIA
     KOMPETENSI I:
·     Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel,berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, uku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
       
       INDIKATOR:

·     Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
·     Menentukan persamaan isi berita.
·     Menentukan perbedaan penyajian berita.
·     Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
·     Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
·     Menyimpulkan isi paragraf.
·     Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
·     Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
·     Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak.
·     Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
    
    KOMPETENSI II
·     Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman,petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato,dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng,cerpen, dan drama. 

       INDIKATOR:

·     Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
·     Menulis pesan singkat sesuai konteks.
·     Menulis laporan/pengumuman/resensi.
·     Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
·     Menulis rangkuman.
·     Menulis teks berita sesuai konteks.
·     Menulis slogan sesuai konteks.
·     Menulis iklan sesuai konteks.
·     Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
·     Menulis teks pidato.
·     Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
·     Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
·     Melengkapi pantun.
·     Melengkapi puisi.
·     Melengkapi naskah drama


2.  BAHASA INGGRIS
     KOMPETENSI I:
READING (Membaca) Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.


         INDIKATOR:

·      Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi  rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short  message, advertisement, announcement, invitation, schedule.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.

     KOMPETENSI II:
WRITING (Menulis) Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. 


         INDIKATOR:

·           Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
·       Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
·           Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna
·           Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.

3.  MATEMATIKA
     KOMPETENSI I:
 ·     Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR 

·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.

     KOMPETENSI II:
       Memahami operasi bentuk aljabar,konsep persamaan dan pertidaksamaan linier,          persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta                      penggunaannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR:


·     Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.
·     Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.

    KOMPETENSI III:
·     Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut  dan/atau garis, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR

·     Menyelesaikan masalah menggunakan teorema Pythagoras.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau pelurus).
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.

    KOMPETENSI III.B:
·     Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR

·     Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.

    KOMPETENSI IV:
·     Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR

·     Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.

    KOMPETENSI V:
·     Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

      
        INDIKATOR
      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.

4.  IPA
        KOMPETENSI I:
·       Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR:

·       Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.


       KOMPETENSI II:

·       Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR:

·       Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan konversi suhu pada termometer.
·       Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.


       KOMPETENSI III:

·       Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR: 

·       Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
·       Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.

       KOMPETENSI IV:

·       Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.

         INDIKATOR:

·       Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
·       Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.


       KOMPETENSI V:

·       Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR:

·       Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutubkutub yang dihasilkan.
·       Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.


       KOMPETENSI VI: 

·       Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.

         INDIKATOR:

·       Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.


       KOMPETENSI VII: 

·       Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.

         INDIKATOR: 

·       Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.


       KOMPETENSI VIII: 

·       Memahami klasifikasi zat serta perubahannya.

         INDIKATOR: 

·       Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
·       Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia.
·       Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya.


       KOMPETENSI IX: 

·       Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR: 

·       Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
·       Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.

       KOMPETENSI X: 

·       Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.

         INDIKATOR: 

·       Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
·       Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciricirinya.


       KOMPETENSI XI: 

·       Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.

         INDIKATOR: 

·       Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
·       Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.
·       Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.


       KOMPETENSI XII: 

·       Menjelaskan sistem organ pada manusia.

         INDIKATOR: 

·       Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
·       Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzimenzim yang berperan pada proses pencernaan.
·       Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
·       Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
·       Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
·       Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia.


       KOMPETENSI XIII: 

·       Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan

         INDIKATOR: 

·       Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ) pada tumbuhan.
·       Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
·       Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaanpercobaan tentang proses tersebut.


       KOMPETENSI XIV: 

·       Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

         INDIKATOR: 

·       Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
·       Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.

·       Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.

klik gambar di bawah untuk mendownload kisi-kisi UN!
atau klik di sini!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

b