KISI-KISI SOAL UN SMP/MTs TAHUN PELAJARAN 2014/2015
1. BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI I:
· Membaca dan memahami berbagai teks
nonsastra (biografi, artikel,berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta,
denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, uku kumpulan
cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an,
dan drama).
INDIKATOR:
· Mengidentifikasi
isi dan bagian suatu teks.
· Menentukan
persamaan isi berita.
· Menentukan
perbedaan penyajian berita.
· Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan.
· Menentukan kalimat
fakta/opini dalam teks iklan.
· Menyimpulkan isi
paragraf.
· Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah.
· Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi.
· Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak.
· Mengidentifikasi
perbedaan karakteristik dua novel.
KOMPETENSI II
· Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan
menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian,
surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan,
pengumuman,petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan
karangan, surat pembaca, teks pidato,dan karya ilmiah; menulis teks sastra
dalam bentuk puisi, pantun, dongeng,cerpen, dan drama.
INDIKATOR:
· Menulis catatan
pengalaman pada buku harian.
· Menulis pesan
singkat sesuai konteks.
· Menulis
laporan/pengumuman/resensi.
· Melengkapi surat
pribadi/surat dinas/surat pembaca.
· Menulis rangkuman.
· Menulis teks berita
sesuai konteks.
· Menulis slogan
sesuai konteks.
· Menulis iklan
sesuai konteks.
· Menyusun petunjuk
melakukan sesuatu.
· Menulis teks
pidato.
· Menulis rumusan
masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
· Menyunting kalimat,
ejaan/tanda baca, pilihan kata.
· Melengkapi pantun.
· Melengkapi puisi.
· Melengkapi naskah
drama
2. BAHASA INGGRIS
KOMPETENSI I:
READING (Membaca) Memahami
makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana
berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif
(narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR:
· Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk
caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message,
advertisement, announcement, invitation, schedule.
· Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
· Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
· Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
· Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna
kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
· Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
KOMPETENSI II:
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana
berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative
dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR:
·
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk
recount/narrative sederhana.
· Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk
descriptive/procedure sederhana.
·
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang
bermakna
·
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf
yang padu dan bermakna.
3. MATEMATIKA
KOMPETENSI I:
·
Menggunakan
konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan
berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
INDIKATOR
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada
bilangan.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial
sederhana.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
KOMPETENSI II:
Memahami
operasi bentuk aljabar,konsep persamaan dan pertidaksamaan linier, persamaan
garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta penggunaannya
dalam pemecahan masalah.
INDIKATOR:
·
Menentukan
pemfaktoran bentuk aljabar.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu
variabel.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan himpunan.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan fungsi.
·
Menentukan
gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
KOMPETENSI III:
·
Memahami
konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan
antarsudut dan/atau garis, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
INDIKATOR
·
Menyelesaikan
masalah menggunakan teorema Pythagoras.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau
pelurus).
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan
dua lingkaran.
KOMPETENSI III.B:
·
Memahami
sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
INDIKATOR
·
Menentukan
unsur-unsur pada bangun ruang.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
KOMPETENSI IV:
·
Memahami
konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
INDIKATOR
·
Menentukan
ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
KOMPETENSI V:
·
Memahami
konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
INDIKATOR
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
4. IPA
KOMPETENSI I:
· Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR:
·
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya
atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI II:
· Menerapkan konsep
zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR:
· Menentukan
sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan
sehari-hari.
· Menentukan konversi
suhu pada termometer.
·
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau
penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI III:
· Mendeskripsikan
dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan
dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR:
· Menentukan jenis
gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
· Menentukan besaran
fisis pada usaha atau energi .
· Menentukan
penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada
suatu zat.
KOMPETENSI IV:
· Memahami
konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk
teknologi sehari-hari.
INDIKATOR:
· Menentukan besaran
fisis pada getaran atau gelombang.
· Menjelaskan sifat
bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan
dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI V:
· Memahami konsep
kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR:
· Menjelaskan gejala
listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
· Menentukan
besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm
atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
· Menentukan besaran
fisis energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
· Menjelaskan cara
pembuatan magnet dan kutubkutub yang dihasilkan.
·
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau
penerapannya pada transformator.
KOMPETENSI VI:
· Memahami sistem
tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
INDIKATOR:
·
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran
bumi-bulan terhadap matahari.
KOMPETENSI VII:
· Mendeskripsikan
konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
INDIKATOR:
·
Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta hubungannya
dengan produk kimia sehari-hari.
KOMPETENSI VIII:
· Memahami
klasifikasi zat serta perubahannya.
INDIKATOR:
· Mendeskripsikan
larutan asam, basa, atau garam.
· Mendeskripsikan
unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia.
·
Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu serta
perubahannya.
KOMPETENSI IX:
· Mendeskripsikan
pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR:
· Mendeskripsikan
bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
·
Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat psikotropika
serta cara menghindarinya.
KOMPETENSI X:
· Mendeskripsikan
ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian
makhluk hidup dalam kehidupan.
INDIKATOR:
· Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
· Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciricirinya.
KOMPETENSI XI:
· Mendeskripsikan
komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran
manusia dalam pengelolaan lingkungan.
INDIKATOR:
· Menjelaskan
interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
· Menjelaskan usaha
manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.
·
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia
dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
KOMPETENSI XII:
· Menjelaskan sistem
organ pada manusia.
INDIKATOR:
· Menjelaskan sistem
gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
· Menjelaskan sistem
pencernaan manusia dan enzimenzim yang berperan pada proses pencernaan.
· Menjelaskan sistem
pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
· Menjelaskan sistem
peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
· Menjelaskan sistem
ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
·
Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia.
KOMPETENSI XIII:
· Menjelaskan sistem
organ dalam kehidupan tumbuhan
INDIKATOR:
· Menjelaskan
struktur dan fungsi jaringan (organ) pada tumbuhan.
· Menjelaskan cara
beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
·
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaanpercobaan
tentang proses tersebut.
KOMPETENSI XIV:
· Mengaplikasikan
konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat
pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
INDIKATOR:
· Memberi contoh
adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
· Menginterpretasi
proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
·
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan
manusia.
klik gambar di bawah untuk mendownload kisi-kisi UN!
|
atau klik di sini! |