Kamis, 29 Januari 2015

Kentang

Kentang Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Seorang Ibu Guru taman kanak-kanak (TK) mengadakan sebuah ”permainan”.

Ibu Guru menyuruh tiap muridnya membawa kantong plastik transparan 1 buah dan kentang. Masing-masing kentang tersebut diberi nama berdasarkan nama orang yang dibenci, sehingga jumlah kentangnya tidak ditentukan berapa.... tergantung jumlah orang-orang yang dibenci.

Pada hari yang disepakati masing-masing murid membawa kentang dalam kantong plastik. Ada yang berjumlah 2, ada yang 3 bahkan ada yang 5. Seperti perintah guru mereka tiap-tiap kentang diberi nama sesuai nama orang yang dibenci. Murid-murid harus membawa kantong plastik berisi kentang tersebut kemana saja mereka pergi, bahkan ke toilet sekalipun, selama 1 minggu.

Hari berganti hari, kentang-kentang pun mulai membusuk, murid-murid mulai mengeluh, apalagi yang membawa 5 buah kentang, selain berat, baunya juga tidak sedap. Setelah 1 minggu murid-murid TK tersebut merasa lega karena penderitaan mereka akan segera berakhir.

Ibu Guru: “Bagaimana rasanya membawa kentang selama 1 minggu ?”

Keluarlah keluhan dari murid-murid TK tersebut, pada umumnya mereka tidak merasa nyaman harus membawa kentang-kentang busuk tersebut kemanapun mereka pergi.

Gurupun menjelaskan apa arti dari “permainan” yang mereka lakukan.

Ibu Guru: “Seperti itulah kebencian yang selalu kita bawa-b
... baca selengkapnya di Kentang Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Harapan

Harapan Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

“Eh?” Misa terkejut dengan apa yang diucapkan oleh Nel. Sungguh saat itu Misa tak pernah menyangka, dan belum bisa memahami apa yang dikatakan Nel. Kalau dipikir-pikir, kondisi Nel memang menjadi aneh akhir-akhir ini, dan keanehan itu mulai terlihat setelah liburan semester 1 kemarin…

****

“Nurramdhani, jangan lemas begitu! Semua juga kepanasan sekarang!” Bentak Bu Ira. Terlihat Nel sedang memegangi kepalanya dan terkadang hampir tertidur. “Kamu nggak apa kan Nel?” Tanya Misa.
“Iya, aku baik-baik aja kok..” Jawabnya.
Misa tidak terlalu mempercayai apa yang dikatakan oleh Nel. Jelas-jelas dia sering terlihat lemas, Dan Berhari-hari selalu Diare..
Selama 4 hari Nel absen sekolah. Dia terkena masuk angin dan sulit sembuh. Dan ketika Nel mulai masuk sekolah seperti biasanya, Misa menyadari keanehan lagi pada Nel. “Wah, Nel tambah kurus ya? kok bisa sih.. sejak kapan?”
“Ya begitulah.. aku juga kaget, Padahal makanku teratur.” Kata Nel sambil memakai baju olahraganya. “Lho Nel, kamu habis makan apa? lidahmu ada putih-putihnya tuh.. Nih, kaca!”
Nely baru sadar di lidahnya ada flek-flek putih. Flek-flek itu nampak je
... baca selengkapnya di Harapan Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Minggu, 25 Januari 2015

It’s My Passion

It’s My Passion Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Passion bagiku adalah segalanya. Dimana kita bisa mencintai dan menikmati suatu hal pada apa yang kita kerjakan. Passion adalah rasa dimana kita bisa bergairah dan berhasrat melakukan sesuatu. Dan passion ku adalah menulis.
Entah mengapa aku suka memikirkan hal yang ingin aku ciptakan. Hal-hal yang aku ciptakan memang nyaris mustahil akan nyata, karena sesungguhnya hidup yang nyata hanya Tuhan yang bisa menciptakannnya. Namun, menulis adalah jawabnya. Dimana semua yang ingin kita ciptakan, apa yang kita rasakan, dan apa yang kita semua pikirkan tertuang dalam kata-kata yang terangkai menjadi sebuah kalimat. Menulis adalah wadah penampung semua pikiran dan perasaan dalam diriku.
Aku mulai menuangkan pikiran dan perasaanku dalam sebuah tulisan pada masa sekolah menengah. Dimana aku merasakan jatuh cinta. Ya … seperti gadis lainnya, saat jatuh cinta, dirinya akan berubah menjadi seseorang yang sensitif dan puitis. Saat itu, aku tak henti-hentinya menulis, menulis, dan menulis sampai tumpukan-tumpukan puisi hanya menjadi pajangan meja belajarku. Namun, setelah menulis semua puisi-puisi itu hatiku sangat lega.
Yeah, menulis dapat melegakan hatimu, kawan! Pernahkah merasa hati ini gelisah entah karena sedang berbunga-bungan karena jatuh cint
... baca selengkapnya di It’s My Passion Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Sabtu, 24 Januari 2015

Aevo, si Pendaki Gunung

Aevo, si Pendaki Gunung Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Bercerita tentang seorang pendaki gunung yang bernama Aevo, yang memaknai hidup dari perjuangan yang dia lakukan. Hampir seluruh waktu dalam hidupnya dipakai untuk menaklukkan gunung-gunung yang menjulang tinggi, hanya untuk melihat pemandangan mana yang terindah. Semakinn tinggi gunung yang dia taklukkan, semakin indah pemandangan yang ia dapatkan. Hingga pada suatu kesempatan,Aevo memutuskan untuk mendaki sebuah gunung yang amat tinggi. Aevo merasa itulah gunung tertinggi yang pernah ia hadapi. Dalam hati Aevo ada ketakutan,hal yang selalu datang dalam hatinya setiap akan mendaki sebuah gunung. Seperti biasa pula, Aevo berusaha menenangkan hatinya.

Setelah merasa cukup tenang,Aevo mulai melangkahkan kaki, selangkah demi selangkah. Mendaki gunung yang akan menghadiahi dia banyak tantangan dengan bekal seadanya.

Tidak terasa, Aevo sudah mendaki seperempat dari gunung tersebut. Aevo melihat sejenak ke belakang, jalan yang sudah ia lalui. Dalam pikirannya, dia berkata, "Ah, masih belum jauh." Sambil terus melangkahkan kakinya. Sampai langkahnya harus terhenti oleh seekor ular yang berjalan di hadapannya. Sesaat Aevo panik, dan ingin mengh
... baca selengkapnya di Aevo, si Pendaki Gunung Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Jumat, 23 Januari 2015

Lelaki Tua yang Merindukan Bintang

Lelaki Tua yang Merindukan Bintang Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

“Ya, tapi entah kenapa untuk itu, Tuhan harus meminta tumbal!”
“Tumbal?”

Malam mengalun.
Lampu pijar menerang susah payah sebuah teras rumah sederhana. Pada sebuah amben reyot seorang lelaki tua dan perempuan tua duduk.

“Ceritakan padaku, apa yang kau lihat?” kata lelaki tua. Perempuan tua tua yang duduk di sampingnya memilin ujung baju abadinya, kebaya usang berwarna pudar.
“Tak ada,” kata perempuan tua. “Gelap saja.”
“Tak ada? Bulan tak ada? Bintang?” lelaki tua merasa tak yakin dengan jawaban yang ia dengar.
“Mestinya ada. Tapi mendung sekarang ini, langit gelap sekali.”
Lelaki tua terbatuk-batuk beberapa lama. Perempuan tua mengangsurkan padanya gelas berisi air teh pahit.

“Aku masih ingat,” lelaki tua kembali berkata-kata di antara sisa-sisa batuknya baru saja. “Dulu aku selalu melihat bintang sampai jauh malam. Bintang adalah makan malam. Tidak benar-benar mengusir rasa lapar, tapi bisa membuat aku melupakan rasa lapar.”
“Kau tadi mengunyah krowodan-mu. Kau tak sedang lapar lagi bukan?”
“Tidak, aku hanya
... baca selengkapnya di Lelaki Tua yang Merindukan Bintang Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Rabu, 21 Januari 2015

Say No To Drugs

Say No To Drugs Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Di tahun 2013 ini, ternyata masih ada saja, pengedar nark*ba, pecandu nark*ba, dan sebagainya. Sebenarnya apa sih yang dipikirkan oleh pelaku tersebut, apa mereka tidak takut dosa? bahkan apa mereka tidak takut TUHAN? waduh, gawat nih bila mereka tidak takut TUHAN, itu namanya tidak menghargai TUHAN. itulah yang dilakukan oleh fahrel syahputra, sampai akhirnya dia masuk jeruji besi alias penjara, dan di situlah fahrel syahputra tobat.

Sebenarnya sih asal muasal fahrel menjadi pecandu, akibat kelalaian orangtua dan kurang mendapat perhatian dari orangtua. Orangtua fahrel sangat sibuk dengan masalah bisnisnya masing-masing, akibatnya, ya begitulah fahrel kesal dengan orangtuanya dan akhirnya dia memutuskan untuk memakai obat-obatan alias nark*ba. Awalnya sih fahrel dan teman-temannya hanya coba-coba saja, setelah beberapa kali memakai nark*ba, akhirnya mereka bergantung pada barang haram tersebut.

Mau tau kelanjutan ceritanya, yuk.. disimak…

“fahrel… fahrel…” panggil mama dari luar rumah.
“iya.. ma” sahut farel menuju luar rumah dengan malas
“mama sama papa pergi dulu ke munchen, jerman ya, fahrel mau oleh-oleh apa?” Tanya mama.
“GAK ADA!!!” bentak fahrel
“fahrel maunya mama di rumah saja” pinta fahrel dengan nada marah
“jangan gitu dong sayang, mama dengan papa
... baca selengkapnya di Say No To Drugs Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Jumat, 16 Januari 2015

Wiro Sableng #82 : Dewi Ular

Wiro Sableng #82 : Dewi Ular Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1WIRO SABLENG

Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212

Karya: Bastian Tito

Episode : DENDAM MANUSIA PAKU

Bagian 1

PEREMPUAN berambut merah acak-acakan bertubuh gemuk yang duduk terkantuk-kantuk di depan goa batu perlahan-lahan buka kedua matanya.
Bagaimanapun dia membesarkan, tetap saja kedua mata itu sipit hampir merupakan dua garis melintang di wajahnya yang gembrot. Pakaian yang melekat di tubuhnya jelas aneh karena terbuat dari susunan daun lontar berbentuk jubah. Dia sibakkan rambut yang menutupi telinga kirinya.
Ternyata telinga ini diganduli sebuah anting besar. Sesaat tampak daun telinga itu bergerak-gerak dan anting yang mencantel di situ ikut bergoyang-goyang.

Kalau tadi si gemuk ini hanya duduk menjelepok di dekat pintu goa, kini dia bangkit mencangkung. Tangan kiri dimelintangkan di atas kening. Sepasang matanya yang sipit memandang tajam ke depan. "Ujudnya belum kelihatan tapi suaranya sudah masuk ke telingaku. Untung aku belum tuli. Hik...hik...hik! Suara apa itu?!" perempuan gemuk itu menduga-duga.

Dia menghirup udara di jurang dalam-dalam. "Hemmm.... bau itu...! Aku kenal betul bau itu! Rupanya si kepar
... baca selengkapnya di Wiro Sableng #82 : Dewi Ular Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Selasa, 13 Januari 2015

Antara Perkawinan, Berwirausaha, dan Menulis

Antara Perkawinan, Berwirausaha, dan Menulis Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Seorang sahabat lama curhat kepada saya tentang perkawinan. Gara-garanya dia enggak tahan saya tanya terus, “Kapan kamu menyusul kami-kami yang udah married?” Setelah komentar pujian, ucapan terima kasih, pengantar, dan pendahuluan di sana-sini, akhirnya sampai juga ke “isi buku” sebenarnya. Ternyata, sahabat saya ini bukannya tidak ada penggemar berat atau calon pendamping yang serius. Tetapi, hasil bacaan saya lho ya, persoalannya lebih disebabkan oleh beberapa hal yang sepintas tampak sangat sepele.

Rupanya, sahabat ini ragu dengan “dunia rumah tangga” yang tidak dia kenal. Seperti biasa, informasi dari sana-sini begitu memengaruhi. “Ntar kalau sudah punya suami, wah… ribet mengurus anak dan suami,” begitu katanya, sembari membandingkan betapa kenyamanan berlebih yang dia dapat bersama keluarganya. Zona nyaman dan “daerah antah berantah” itu mungkin saja sangat memengaruhi sahabat saya ini, sekalipun saya menduga pastilah ada faktor-faktor lain yang ikut berperan.

Tetapi okelah, apa pun itu faktor-faktor lainnya, saya jadi teringat dengan curhatan teman-teman saya yang lain, namun dalam dimensi yang lain juga hehehe… Maksudnya, ranah wiraswasta dan kepenulisan. Ternyata, saya juga temukan persoalan yang sama. Manakala orang ma
... baca selengkapnya di Antara Perkawinan, Berwirausaha, dan Menulis Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Kamis, 08 Januari 2015

Xin Shi yang Cantik

Xin Shi yang Cantik Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Pada zaman Chun Qiu ada seorang wanita yang terkenal dengan kecantikannya, namanya Xin Shi. Xin Shi diakui sebagai salah satu dari empat wanita tercantik sepanjang perjalanan sejarah bangsa China. Karena itu, jika kita berjalan-jalan ke negeri China, ada eksesori dengan gambar empat wanita tercantik di China, salah satu di antaranya Xin Shi. Sayangnya Xin Shi yang cantik saat itu sakit-sakitan. Wajahnya pucat dan ia sering mengeluh sakit di bagian dadanya.

Akan tetapi, saat ia meringis kesakitan, orang yang melihatnya masih mengatakan bahwa dia tetaplah cantik. Tak mengherankan ada orang-orang saat itu mengatakan, “Meskipun sakit dan wajahnya pucat, Xin Shi masih tetap kelihatan cantik.”

Xin Shi mempunyai tetangga yang juga adalah seorang gadis, namanya Dong Shi. Ketika makin lama makin banyak orang yang memuji Xin Shi, Dong Shi merasa tidak suka dan iri hati. Karena itu kepada orang banyak ia berbicara, “Apa lebihnya Xin Shi, apalagi wajahnya yang sering pucat dan meringis menahan sakit. Sebenarnya kecantikanku tidak jau
... baca selengkapnya di Xin Shi yang Cantik Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Selasa, 06 Januari 2015

KISI-KISI SOAL UN TAHUN 2015

KISI-KISI SOAL UN SMP/MTs TAHUN PELAJARAN 2014/2015

1.  BAHASA INDONESIA
     KOMPETENSI I:
·     Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel,berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, uku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
       
       INDIKATOR:

·     Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
·     Menentukan persamaan isi berita.
·     Menentukan perbedaan penyajian berita.
·     Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
·     Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
·     Menyimpulkan isi paragraf.
·     Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
·     Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
·     Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak.
·     Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
    
    KOMPETENSI II
·     Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman,petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato,dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng,cerpen, dan drama. 

       INDIKATOR:

·     Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
·     Menulis pesan singkat sesuai konteks.
·     Menulis laporan/pengumuman/resensi.
·     Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
·     Menulis rangkuman.
·     Menulis teks berita sesuai konteks.
·     Menulis slogan sesuai konteks.
·     Menulis iklan sesuai konteks.
·     Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
·     Menulis teks pidato.
·     Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
·     Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
·     Melengkapi pantun.
·     Melengkapi puisi.
·     Melengkapi naskah drama


2.  BAHASA INGGRIS
     KOMPETENSI I:
READING (Membaca) Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.


         INDIKATOR:

·      Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi  rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short  message, advertisement, announcement, invitation, schedule.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.

     KOMPETENSI II:
WRITING (Menulis) Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. 


         INDIKATOR:

·           Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
·       Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
·           Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna
·           Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.

3.  MATEMATIKA
     KOMPETENSI I:
 ·     Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR 

·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.

     KOMPETENSI II:
       Memahami operasi bentuk aljabar,konsep persamaan dan pertidaksamaan linier,          persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta                      penggunaannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR:


·     Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.
·     Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.

    KOMPETENSI III:
·     Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut  dan/atau garis, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR

·     Menyelesaikan masalah menggunakan teorema Pythagoras.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau pelurus).
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.

    KOMPETENSI III.B:
·     Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR

·     Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.

    KOMPETENSI IV:
·     Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR

·     Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.

    KOMPETENSI V:
·     Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

      
        INDIKATOR
      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.

4.  IPA
        KOMPETENSI I:
·       Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR:

·       Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.


       KOMPETENSI II:

·       Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR:

·       Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan konversi suhu pada termometer.
·       Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.


       KOMPETENSI III:

·       Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR: 

·       Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
·       Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.

       KOMPETENSI IV:

·       Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.

         INDIKATOR:

·       Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
·       Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.


       KOMPETENSI V:

·       Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR:

·       Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutubkutub yang dihasilkan.
·       Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.


       KOMPETENSI VI: 

·       Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.

         INDIKATOR:

·       Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.


       KOMPETENSI VII: 

·       Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.

         INDIKATOR: 

·       Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.


       KOMPETENSI VIII: 

·       Memahami klasifikasi zat serta perubahannya.

         INDIKATOR: 

·       Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
·       Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia.
·       Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya.


       KOMPETENSI IX: 

·       Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR: 

·       Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
·       Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.

       KOMPETENSI X: 

·       Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.

         INDIKATOR: 

·       Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
·       Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciricirinya.


       KOMPETENSI XI: 

·       Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.

         INDIKATOR: 

·       Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
·       Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.
·       Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.


       KOMPETENSI XII: 

·       Menjelaskan sistem organ pada manusia.

         INDIKATOR: 

·       Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
·       Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzimenzim yang berperan pada proses pencernaan.
·       Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
·       Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
·       Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
·       Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia.


       KOMPETENSI XIII: 

·       Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan

         INDIKATOR: 

·       Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ) pada tumbuhan.
·       Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
·       Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaanpercobaan tentang proses tersebut.


       KOMPETENSI XIV: 

·       Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

         INDIKATOR: 

·       Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
·       Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.

·       Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.

klik gambar di bawah untuk mendownload kisi-kisi UN!
atau klik di sini!