Selasa, 06 Januari 2015

KISI-KISI SOAL UN TAHUN 2015

KISI-KISI SOAL UN SMP/MTs TAHUN PELAJARAN 2014/2015

1.  BAHASA INDONESIA
     KOMPETENSI I:
·     Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel,berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, uku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
       
       INDIKATOR:

·     Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
·     Menentukan persamaan isi berita.
·     Menentukan perbedaan penyajian berita.
·     Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
·     Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
·     Menyimpulkan isi paragraf.
·     Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
·     Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
·     Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak.
·     Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
    
    KOMPETENSI II
·     Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman,petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato,dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng,cerpen, dan drama. 

       INDIKATOR:

·     Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
·     Menulis pesan singkat sesuai konteks.
·     Menulis laporan/pengumuman/resensi.
·     Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
·     Menulis rangkuman.
·     Menulis teks berita sesuai konteks.
·     Menulis slogan sesuai konteks.
·     Menulis iklan sesuai konteks.
·     Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
·     Menulis teks pidato.
·     Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
·     Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
·     Melengkapi pantun.
·     Melengkapi puisi.
·     Melengkapi naskah drama


2.  BAHASA INGGRIS
     KOMPETENSI I:
READING (Membaca) Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.


         INDIKATOR:

·      Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi  rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short  message, advertisement, announcement, invitation, schedule.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
·        Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.

     KOMPETENSI II:
WRITING (Menulis) Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. 


         INDIKATOR:

·           Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
·       Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
·           Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna
·           Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.

3.  MATEMATIKA
     KOMPETENSI I:
 ·     Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR 

·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.

     KOMPETENSI II:
       Memahami operasi bentuk aljabar,konsep persamaan dan pertidaksamaan linier,          persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta                      penggunaannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR:


·     Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.
·     Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.

    KOMPETENSI III:
·     Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut  dan/atau garis, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR

·     Menyelesaikan masalah menggunakan teorema Pythagoras.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau pelurus).
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.

    KOMPETENSI III.B:
·     Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR

·     Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.

    KOMPETENSI IV:
·     Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

       INDIKATOR

·     Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.

    KOMPETENSI V:
·     Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

      
        INDIKATOR
      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.

4.  IPA
        KOMPETENSI I:
·       Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR:

·       Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.


       KOMPETENSI II:

·       Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR:

·       Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan konversi suhu pada termometer.
·       Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.


       KOMPETENSI III:

·       Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR: 

·       Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
·       Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.

       KOMPETENSI IV:

·       Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.

         INDIKATOR:

·       Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
·       Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.


       KOMPETENSI V:

·       Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR:

·       Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutubkutub yang dihasilkan.
·       Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.


       KOMPETENSI VI: 

·       Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.

         INDIKATOR:

·       Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.


       KOMPETENSI VII: 

·       Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.

         INDIKATOR: 

·       Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.


       KOMPETENSI VIII: 

·       Memahami klasifikasi zat serta perubahannya.

         INDIKATOR: 

·       Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
·       Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia.
·       Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya.


       KOMPETENSI IX: 

·       Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.

         INDIKATOR: 

·       Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
·       Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.

       KOMPETENSI X: 

·       Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.

         INDIKATOR: 

·       Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
·       Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciricirinya.


       KOMPETENSI XI: 

·       Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.

         INDIKATOR: 

·       Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
·       Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.
·       Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.


       KOMPETENSI XII: 

·       Menjelaskan sistem organ pada manusia.

         INDIKATOR: 

·       Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
·       Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzimenzim yang berperan pada proses pencernaan.
·       Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
·       Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
·       Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
·       Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia.


       KOMPETENSI XIII: 

·       Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan

         INDIKATOR: 

·       Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ) pada tumbuhan.
·       Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
·       Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaanpercobaan tentang proses tersebut.


       KOMPETENSI XIV: 

·       Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

         INDIKATOR: 

·       Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
·       Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.

·       Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.

klik gambar di bawah untuk mendownload kisi-kisi UN!
atau klik di sini!



Minggu, 04 Januari 2015

Melawan Arus Keberhasilan

Melawan Arus Keberhasilan Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Oleh: Herry Prasetyo

Dalam memperjuangkan keberhasilan atau kesuksesan, baik dalam karier maupun dalam mengembangkan perusahaan, banyak caranya. Salah satu cara itu sering kita dengar: “jangan melawan arus!” Kemauan pasar harus direspons. Persaingan produk harus diperhatikan dengan cara yang telah digariskan bersama dan menjadi budaya perusahaan untuk menyiasatinya. Dengan kata lain, kita harus berjalan di jalur yang benar, terarah, dan tidak mengganggu “pandangan dan pendapat” umum tentang kaidah atau norma yang berlaku.

Namun, sempatkah terbersit sekilas saja bahwa di sela-sela kesibukan di kantor, Anda perlu juga sesekali mencoba “melawan arus”; melakukan tindakan yang mungkin saja tidak dilakukan orang lain. Sempatkah Anda terpikir bahwa sesekali Anda perlu meningkatkan kualitas diri dan mutu produk dengan cara “melawan arus”, cara yang tidak biasa dilakukan orang kebanyakan? Mungkin poin-poin berikut dapat menjadi pertimbangan Anda.

1. Bekerja Lebih Santai

Menerapkan strategi “melawan arus” berar
... baca selengkapnya di Melawan Arus Keberhasilan Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

Kamis, 01 Januari 2015

JANGAN PERNAH TERLALU BERHARAP!

JANGAN PERNAH TERLALU BERHARAP! Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1

17 Desember 2007 – 14:11   (Diposting oleh: Editor)

Anita Roddick adalah perintis perusahaan waralaba The Body Shop yang kini sudah mendunia. Sebelum perusahaan The Body Shop dikenal seperti sekarang, Anita pernah berinisiatif menggerakkan seluruh karyawannya yang berada di kantor pusat untuk melakukan bakti sosial dalam rangka Hari Dunia. Bentuk bakti sosial tersebut adalah membersihkan sebuah pantai di Inggris.

Tetapi inisiatif Anita tidak direspon positif oleh mayoritas pegawainya. Hanya sebagian kecil karyawan, yaitu sekitar 13 orang, yang bersedia berpartisipasi dalam bakti sosial tersebut. Sedangkan mayoritas pegawainya memilih untuk menghindar dengan berbagai alasan. Anita sangat kecewa atas penolakan yang ditunjukkan oleh mayoritas karyawan.

Tetapi dalam perjalanan menuju pantai yang akan dibersihkan, Anita merasa sedikit terhibur. Pasalnya, ia berpapasan dengan seorang pengendara sepeda yang ramah. “Mau kemana?” tanya pengendara sepeda itu kepada dirinya dan rombongan.

“Hari ini adalah Hari Dunia. Kami akan ke pantai untuk membersihkan pantai itu,” jawab Anita Roddick antusias sambil menunjuk sebuah pantai indah di depan mereka.

“Luar biasa! Kemauan Anda semua sangat mulia. Saya sangat senang ada orang yang bersedia turun tangan membersihkan pantai ini, karena memang sudah sangat kotor,” lanjut pengendara sepeda itu tak kalah bersemangat dibadingkan deng
... baca selengkapnya di JANGAN PERNAH TERLALU BERHARAP! Cerita Motivasi dan Inspirasi Nomor 1