Senin, 21 Mei 2012

Daftar Kode Telepon


Dapatkan 4-7% imbalan uang kembali dalam setiap pemesanan

Poin bertambah secara otomatis

Hemat uang untuk pemesanan selanjutnya
Baru!
Promosi Poin
GANDA dan TRI LIPAT!

1.  Daftar Kode Telepon di Indonesia

Kode Telepon di Indonesia Klik Di sini

2.  Daftar Kode Telepon Internasional

Sabtu, 12 Mei 2012

Cara Menumbuhkan Sifat Kasih Sayang


Ar-Rahman dan Ar-Rahim adalah dua sifat Allah Ta’ala, dan juga merupakan nama dari nama-namanya yang mulia, yang diambil dari kata rahmat dengan bentuk mubalaghah. Ar-Rahman lebih kuat maknanya dari Ar-Rahim, karena Ar- Rahman bermakna memiliki kasih sayang yang meliputi semua makhluk di dunia, dan bagi mukminin di akhirat. Sedangkan Ar-Rahim bermakna memiliki kasih sayang bagi mukminin pada Hari Kiamat. Ini adalah pendapat sebagian besar ulama. Karena rahmatnya yang tak terhitunglah kita dapat melakukan hal yang sesuai dengan yang kita inginkan. Allah Shubhanahu wa ta’alla berfirman dalam surat Fathir : 2 yang artinya : “Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorangpun yang sanggup untuk melepaskannya sesudah itu.” (Fathir : 2)

Senin, 30 April 2012

Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka No. 203 Th. 2009


LAMPIRAN
KEPUTUSAN KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA
NOMOR:  203  TAHUN  2009
TENTANG
ANGGARAN RUMAH TANGGA GERAKAN PRAMUKA

BAB   I

NAMA DAN TEMPAT

ANGGARAN DASAR GERAKAN PRAMUKA


Hasil Munaslub 2012
ANGGARAN DASAR GERAKAN PRAMUKA

PEMBUKAAN

Bahwa persatuan dan kesatuan bangsa dalam negara kesatuan yang adil dan makmur, materiil dan spiritual serta beradab merupakan adicita bangsa Indonesia yang mulai bangkit dan siaga sejak berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.  Adicita itu pulalah yang merupakan dorongan para Pemuda Indonesia melakukan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Kamis, 12 April 2012

Informasi PPDB


INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
SMA Negeri 3 Subang
Tahun Pelajaran 2012/2013

I.   Jalur Penerimaan PMDK (khusus bagi sekolah di wilayah Kab. Subang)   
           a. Waktu Pendaftaran  :    Tgl. 2 s.d 13 April 2012; Jam 08.00 s.d 13.00
           b. Pengumuman          :    Tgl. 19 mei 2012


Rabu, 11 April 2012

Informasi PPDB


PEDOMAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
SMA NEGERI 1 SUBANG
TAHUN PELAJARAN 2012/2013



A.  Ketentuan Umum
  • Penerimaan peserta didik baru dilakukan melalui seleksi, dengan mengacu pada persyaratan yang telah ditetapkan.

Sabtu, 07 April 2012

Peningkatan Mutu PTK PAUDNI


Program-program PAUDNI dikembangkan dalam rangka menuju visi Kementerian Pendidikan Nasional 2025 yakni menghasilkan Insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Salah satu upaya yang ditempuh dalam meraih visi tersebut adalah dengan penyelenggaraan program-program percontohan PAUDNI. Program model diklat percontohan peningkatan kompetensi PTK PAUDNI dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan acuan penyelengaraan peningkatan kompetensi PTK PAUDNI yang berstandar dan bermutu, dengan merujuk pada program PAUDNI yang dikembangkan berdasarkan karakteristik wilayah dan sosial budaya masyarakat, pusat magang, pelatihan dan penelitian.

Selasa, 03 April 2012

Tentang NUPTK

Latar Belakang NUPTK


Sesuai dengan Permendiknas Nomor 8 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Ditjen PMPTK, pasal 8 menyatakan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan nonformal. Secara khusus kehadiran UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen semakin memposisikan Ditjen PMPTK pada posisi strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. 

Web Browser NUPTK


Web Browser NUPTK             
http://www.4shared.com/file/IXVpG3CK/nuptkwebbrowser161_2.html



NUPTK Web Browser adalah aplikasi bagi anda insan guru dan tenaga kependidikan yang ingin mengetahui Nomor Unik Tenaga Pendidik dan Kependidikan (NUPTK) terbaru. Dengan maraknya Sertifikasi Guru dimana salah satu syaratnya harus memiliki NUPTK, maka NUPTK browser wajib diperuntukkan untuk guru mengakses database NUPTK online yang berisi database PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Indonesia yang bertugas baik di dalam Negeri maupun di luar Negeri. Proses update data hanya diperuntukkan bagi pengguna yang sudah diijinkan memiliki akun NUPTK.

NUPTK web browser adalah software untuk melihat NUPTK terbaru yang dibuat oleh Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) Republik Indonesia.

Kamis, 29 Maret 2012

LAPORAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA

Klik di sini!!
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Dasar Hukum.
a.       Undang-undang Nomor 2 Tahun 1999, tentang Pendidikan Nasional.
b.      Undang-undang Nomor 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
c.       Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 1999, tentang Pemerintah Daerah.
d.      Undang-undang Nomor 27 tahun 1999, tentang Hak Warga Negara untuk memperoleh kesempatan kerja.
e.       Kurikulum SMK Edisi tahun 2004.
f.       Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 1992, tentang Pranserta Masyarakat Dalam Pendidikan Nasional.
g.       Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 053/U/2001, tentang Pedoman penyusunan standar pelayanan minimal penyelenggaraan persekolahan bidang pendidikan dasar dan menengah. Ditetapkan pada tanggal 19 April 2001.

Rabu, 28 Maret 2012

B O S


PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS)
TAHUN 2012
Latar Belakang
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa setiap warga negara yang berusia 7-15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar. Pasal 34 ayat 2 menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya, sedangkan dalam ayat 3 menyebutkan bahwa wajib belajar merupakan tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. Konsekuensi dari amanat undang-undang tersebut adalah Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan pendidikan bagi seluruh peserta didik pada tingkat pendidikan dasar (SD dan SMP) serta satuan pendidikan lain yang sederajat.
Salah satu indikator penuntasan program Wajib Belajar 9 Tahun dapat diukur dengan Angka Partisipasi Kasar (APK) SD dan SMP.  Pada tahun 2005  APK SD telah mencapai 115%, sedangkan SMP pada tahun 2009 telah mencapai 98,11%, sehingga program wajar 9 tahun telah tuntas 7 tahun lebih awal dari target deklarasi Education For All (EFA) di Dakar. Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dimulai sejak bulan Juli 2005, telah berperan secara signifikan dalam percepatan pencapaian program wajar 9 tahun. Oleh karena itu, mulai tahun 2009 pemerintah telah melakukan perubahan tujuan, pendekatan dan orientasi program BOS, dari perluasan akses menuju peningkatan kualitas.

Jumat, 10 Februari 2012

POS UN

Penyelenggaraan Ujian Nasional sebagai bagian dari implikasi penerapan Standar Nasional Pendidikan diharapkan dapat dilaksanakan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Ujian nasional merupakan salah satu bagian dari penerapan standar kualitas dalam sistem penilaian pendidikan di Indonesia yang keberadaannya selain menjadi representasi kualitas pengelolaan penyelenggaraan pendidikan berdasarkan parameter yang telah disepakati, akan tetapi lebih spesifik juga menunjukkan bagaimana sesungguhnya kualitas hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik manakala telah menyelesaikan terminasi setiap jenjang persekolahan tertentu.

Agar penyelenggaraan Ujian Nasional dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, dan akuntabel maka diperlukan Panduan Pelaksanaan yang mengacu pada regulasi serta memperhitungkan tingkat akseptabilitas yang secara proporsional dapat diterima dan dilaksanakan oleh semua pihak terkait.

Panduan Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah ini diterbitkan sebagai pedomanbagi sekolah/madrasah dan kabupaten/kota dalam memahami dan menjabarkan peraturan penyelenggaraan ujian sekolah dan ujian nasional yang telah diatur oleh pemerintah c.q. Kementerian  Pendidikan Nasional dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Selengkapnya ……(Download disini)

Rabu, 04 Januari 2012

AKHLAQUL KARIMAH


WA INNAKA LA ‘ALAA KHULUQIN ‘ADZIIM - Dan sesungguhnya engkau Muhammad niscaya memiliki akhlaq yang agung.” Demikian firman Allah SWT didalam Al-Quran Surat Al-Qolam (58:4).
Sebelum diangkat menjadi Rasul, Muhammad adalah manusia yang jujur dan tidak memiliki cela, sehingga dijuluki al-Amin atau orang yang dapat dipercaya.
Demikian dihormatinya Muhammad, sehingga 5 tahun sebelum kenabian ketika terjadi banjir besar di Makkah dan batu Hajar Aswad hanyut dan diperbaiki, para tetua 4 suku di Makkah bertengkar tentang siapa yang berhak untuk mengembalikan batu hitam dari sorga itu ke tempatnya. Karena deadlock – buntu, maka para sesepuh itu akhirnya sepakat menyerahkan pengembalian batu itu ke Muhammad Al-Amin. Padahal ketika itu Muhammad baru berumur 35 tahun.
Sekiranya orang biasa diserahi kehormatan demikian, barangkali dengan rasa pongah dan membusungkan dada dikembalikannya batu itu sendirian. Tetapi tidak demikian dengan Muhammad. Dilepasnya sorbannya, dibentangkannya, diletakkannya Hajar Aswad itu diatas sorbannya, lalu dipersilahkannya para boss suku-suku itu menggotongnya rame-rame ke tempat asalnya di sudut Kabah, sampai akhirnya Muhammad meletakkannya di tempatnya. Demikianlah contoh betapa mulianya akhlaq Muhammad di mata masyarakat, padahal saat itu beliau belum diangkat menjadi Nabi.
Pasca Kenabian.
Alangkah mulianya ahlak Rosulullah dapat dilihat dari hadits tentang sohabat Anas yang selama menjadi khodam – pelayan Rosululloh tidak pernah sekalipun ditegur Nabi dengan ucapan ‘uffin’ – “Ah!”.
Ketika Anas berbuat sesuatu yang Nabi sebetulnya tidak menghendakinya, tidak pernah sekalipun Nabi menegor “lima shona’tahu?” – mengapa engkau mengerjakan itu? Ketika Anas tidak berbuat sesuatu padahal Nabi sebetulnya menghendakinya, tidak pernah sekalipun Nabi mengatakan “lima taroktahu?” – mengapa engkau tidak mengerjakan itu?
Boleh jadi ada orang berargumen, ah, itu kan karena Anas memang sohabat yang perfeksionis, orang yang serba sempurna, sehingga selama menjadi khodam tidak pernah berbuat kesalahan.
Sohabat Anas adalah manusia biasa. Siapakah manusia biasa yang bisa melayani tanpa salah, atau bisa dengan tepat menebak keinginan yang dilayaninya selama 10 tahun? Ya, menurut hadits itu, Anas menjadi khodam Nabi selama 10 tahun. Bagaimana sesama anak Adam memperlakukan sesamanya, Nabi berwasiat kepada para khalifah supaya yu’addzim kabiiirohum– memuliakan orang tua, wa yarhama shoghiirohum dan menyayangi anak kecil. Nah, kalau kepada yang tua dan yang muda saja harus demikian, bagaimana kepada para peers alias yang sebaya?
Al ‘Ulya - As Sufla
Hubungan sesama manusia tidak mungkin terlepas dari al-‘ulya alias ‘yang di atas’ dan as-sufla alias ‘yang di bawah’. Contohnya pemimpin-bawahan, suami-isteri, ortu-anak, kakak-adik, dst. Bagaimana Islam mengajarkan al-‘ulya harus bersikap kepada as-sufla?
Wahfidz janaahaka limanittaba’aka minal muminiina – Rendahkan sayapmu kepada orang iman yang mengikutimu. Fabimaa rohmatin minalloohi linta lahum – maka dengan rahmat dari Allah lemah lembut engkau Muhammad kepada mereka. Walau kunta faddhon gholiidhol qolbi lanfaddhuu min haulika – jika engkau keras dan kasar hati niscaya bubar mereka darimu Muhammad. Demikianlah beberapa dari perintah Allah yang ada didalam Al-Quran. Hadits dari Anas diatas sudah lebih dari cukup untuk menunjukkan bagaimana luhurnya ahlak Muhammad sebagai al ‘ulya kepada seorang Anas sebagai as-sufla.
Umar bin Khottob terkenal galak diluar rumah, tetapi lemah lembut kepada isterinya. Ketika ditanya mengapa demikian, dijawabnya karena isterinya itulah yang melahirkan dan membersarkan anak-anaknya.
Ada lelaki sekarang yang nampak gentleman di luar, tetapi justru galak didalam rumah. Keras kepada isterinya, dan streng kepada anak-anaknya. Mereka stress manakala berjumpa dengan bapak biologisnya sendiri. Ini bukan rekaan. Buktinya ada UU KDRT - Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Tempelengan, bahkan lebih dari itu di kalangan keluarga, masih terjadi. Na’uudzu billaahi min dzaalika. Sabda Nabi di sebuah hadits: “Alangkah hinanya seorang laki-laki yang berbuat kasar kepada isterinya, siang dipukuli, malam dikumpuli”. Kalau dalam istilah Kang Kabayan: ’beurang digebugan, peuting ditumpakan’.

Waspada Mulut
Nabi ditanya ‘an aktsari maa yudkhilun naasal jannata – tentang apa yang paling banyak menyebabkan orang masuk sorga. Apakah karena jagoan yang siap maju ke medan perang? Apakah karena banyak ilmu yang siap untuk diajarkan? Karena banyaknya harta yang siap untuk disedekahkan? Ternyata jawab Nabi adalah: ’taqwalloohi wa husnul khuluqi’ – taqwa kepada Allah dan ahlak yang baik. Lalu Nabi ditanya ‘an aktsari maa yudkhilun naasan naaro – tentang apa yang paling banyak menyebabkan orang masuk neraka? Ternyata jawab Nabi mengejutkan: ’al famu wal farju’ - mulut dan farji.
Shodaqo Rosululloh, sungguh benar Nabi. Dengan mulut bisa bertengkar, berdebat, berbohong, naminah (adu-domba), ghibah (ngerasani, ngupat, menjelek-jelekkan) dan fitnah, serta memuji orang. Didalam Islam, memuji orang didepannya adalah larangan, karena bisa membunuh niat Karena Allah orang yang dipuji. Menimbulkan rasa riya. Qod qoto’ta ‘unuqo shoohibika – sungguh engkau telah memenggal leher saudaramu, demikian sabda Nabi kepada orang yang memuji orang lain didepannya.
Melaksanakan akhlaqul karimah itu ibarat meniti tangga. Yang menjunjung tinggi akhlaqul karimah ibaratnya menaiki tangga, semakin lama semakin tinggi, sampai ke summit atau puncak pencakar langit. Sebaliknya mereka yang mengabaikan akhlaqul karimah, ibaratnya menuruni tangga, semakin lama semakin rendah. Sampai ke basement.
Sangat banyak aspek tentang akhlaqul karimah. Oleh karena itu mengkhatamkan hadits Kitabul Adab atau ‘Buku tentang Tingkah-Laku’ baik di himpunan maupun di kitab hadits besar, seharusnya menjadi prioritas utama. Alhamdulillah, ternyata ucapan dan tingkah-laku dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi, ada adabnya. Maka alangkah meruginya setelah jungkir balik siang-malam fastabiqul khoirot amal solih di segala bidang kegiatan agama termasuk organisasi, semua menjadi kontra-produktif  mubadzir gara-gara mengabaikan akhlaqul karimah. Bil khusus sesuai hadits diatas gara-gara mengabaikan untuk menjaga bagian yang paling banyak membawa manusia ke neraka: mulut.
Semua sudah pada tahu dalil fal yaqul khoiron au liyasmuth – lebih baik diam daripada mengumbar bicara. Jadi daripada tidak tahan untuk tidak berbicara tidak baik, atau tidak mampu “nasehat pait-madu”, demi mewujudkan akhlaqul karimah, mengapa tidak mencontoh sikap Nabi kepada Anas? Fa aina tadzhabuun?

Minggu, 01 Januari 2012

Soal IPS



1. Soal IPS Kelas 7 :
2. Soal IPS Kelas 8 :
3. Soal IPS Kelas 9 :






Ulangan Harian IPS Kelas 9 (Bab II)



A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.         Salah satu tindakan Hittler dalam mengembangkan fasisme adalah membunuh dan mengusir orang-orang Yahudi. Alasan tindakan Hittler adalah ... .
a.    orang Yahudi menguasai perekonomian Jerman
b.    Adolf Hittler sangat membenci orang Yahudi
c.     orang Yahudi dianggap sebagai biang kekalahan Jerman dalam PD I
d.    orang Yahudi tidak mau tunduk pada kebijaksanaan Hittler

2.         Negara-negara fasis pada umumnya menganut paham chauvinisme, yaitu ... .
a.    menganggap dirinya unggul dari ras lainnya
b.    negara di atas segala kepentingan rakyat
c.     menganggap semua bangsa itu sama
d.    memimpikan persatuan seluruh negara di bumi

3.         Secara khusus, Perang Dunia II di kawasan Eropa disebabkan oleh ... .
a.    terbunuhnya putra mahkota Austria
b.    serangan Jepang terhadap pangkalan Sekutu di Hawai
c.     serangan Jerman terhadap kota Danzig di Polandia
d.    politik mencari kawan di antara negara-negara Eropa

4.         Perjanjian San Fransisco berisi antara lain ... .
a.    daerah Italia dipersempit
b.    Pulau Kurile dan Sakhalin diserahkan kepada Rusia
c.     Jerman dibagi menjadi dua daerah pendudukan
d.    Jerman harus mengganti kerugian perang

5.         Alasan perlawanan rakyat terhadap Jepang adalah kewajiban melakukan seikerei, yaitu ... .
a.    wajib menjadi tenaga romusha
b.    mengikuti latihan militer ala Jepang
c.     melakukan penghormatan terhadap Kaisar Jepang
d.    menyerahkan tanaman padi kepada Jepang

6.         Berikut ini yang merupakan alasan munculnya perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang, kecuali ... .
a.    adanya penderitaan rakyat akibat kekejaman Jepang
b.    kewajiban melakukan seikerei
c.     kesewenang-wenangan tindakan Jepang
d.    Jepang tidak segera memerdekakan Indonesia

7.         Pada masa pemerintahannya di Indonesia, Jepang berusaha mengeksploitasi sumber kekayaan alam Indonesia sebab ... .
a.    Indonesia sudah menjadi jajahan Jepang
b.    Jepang khawatir kekayaan alam Indonesia dihabiskan oleh Belanda
c.     Jepang membutuhkan sumber kekayaan alam Indonesia untuk membantu perang Jepang
d.    kebutuhan yang dicari Jepang hanya ada di Indonesia

8.         Peristiwa penting yang menandai dimulainya penjajahan Jepang di Indonesia yaitu ... .
a.    dibomnya pangkalan angkatan laut AS di Pearl Harbour
b.    Belanda menyerahkan kepada Jepang dalam Perjanjian Kalijati
c.     Jepang masuk ke Indonesia lewat Tarakan
d.    dibomnya kota Hiroshima dan Nagasaki

9.         Beberapa propaganda awal Jepang untuk menarik hati bangsa Indonesia kecuali ... .
a.    mengizinkan menyanyikan lagu Indonesia Raya
b.    melarang penggunaan Bahasa Belanda
c.     mengizinkan penggunaan bahasa Indonesia
d.    memberikan kemerdekaan secara bertahap

10.     Heiho dan PETA yang dibentuk pemerintah Jepang mempunyai tugas utama ...
a.    mempertahankan Indonesia dari serangan musuh
b.    membantu Jepang di front pertempuran Asia Pasifik
c.     menjaga ketertiban umum
d.    memperkuat pasukan Jepang di Indonesia

11.     Tujuan yang sebenarnya dari Jepang membentuk organisasi semi militer adalah ... .
a.    membantu pertahanan bangsa Indonesia menghadapi Belanda
b.    mempersiapkan tenaga prajurit untuk membantu Jepang
c.     mendidik bangsa Indonesia agar siap jika merdeka kelak
d.    menambah kekuatan angkatan perang di negeri Jepang

12.     Tugas badan Cuo Sangi In hampir sama dengan badan DPA yaitu ... .
a.    memeriksa kebijakan-kebijakan yang akan diambil pemerintah Jepang
b.    mengadili setiap anggota PETA yang melakukan pemberontakan
c.     mengajukan usul dan pertimbangan kepada pemerintah Jepang
d.    menyampaikan aspirasi rakyat Indonesia kepada pemerintah Jepang

13.     Jepang akhirnya membubarkan Gerakan Tiga A sebab ... .
a.    Gerakan Tiga A murni bentukan Jepang
b.    Gerakan Tiga A tidak bermanfaat bagi bangsa Indonesia
c.     Gerakan Tiga A didominasi orang-orang Jepang
d.    Gerakan Tiga A tidak mendapat sambutan dari rakyat Indonesia

14.     Bagi bangsa Indonesia, Putera bertujuan untuk ... .
a.    mengerahkan rakyat untuk mengumpulkan padi
b.    mempersatukan kekuatan untuk melawan Jepang
c.     membangun kembali segala yang telah dirobohkan oleh Belanda
d.    menyelidiki kekuatan Jepang dalam Perang Pasifik

15.     Alasan Syahrir melakukan perlawanan terhadap Jepang adalah ... .
a.    Jepang adalah negara fasis
b.    Jepang tidak segera memerdekakan Indonesia
c.     menolak modernisasi yang dilakukan oleh Jepang
d.    penderitaan rakyat yang sangat berat

16.     Pernyataan berikut yang benar mengenai stratifikasi sosial masyarakat Jepang, kecuali ... .
a.    golongan pribumi menempati lapisan paling bawah
b.    lapisan paling atas ditempati oleh golongan Jepang
c.     Lapisan kedua diduduki oleh golongan pribumi
d.    golongan Timur Asing menempati lapisan paling bawah

17.     Dampak Perang Dunia II bagi Indonesia antara lain ... .
a.    pergerakan nasional semakin radikal
b.    Indonesia mulai dijajah Jepang
c.     Belanda memberikan kemerdekaan kepada jajahannya
d.    negara-negara imperialis memberi kemerdekaan kepada jajahannya

18.     Untuk menghadapi invasi Jepang di Asia Tenggara, maka pihak Sekutu ... .
a.    segera memerdekakan tanah jajahannya
b.    mengadakan kerja sama dengan sayap kiri Jepang
c.     meminta bantuan Amerika Serikat dan Rusia
d.    membentuk komando gabungan ABDACOM

19.     Pemberontakan PETA di Blitar dapat dikatakan mengalami kegagalan sebab ... .
a.    persenjataan Jepang lebih modern
b.    rencana pemberontakan sudah diketahui oleh Jepang
c.     tidak mendapat dukungan dari rakyat
d.    persiapan yang kurang matang

20.     Aspek mentalitas yang ditimbulkan dari adanya romusha adalah ... .
a.    desa kehilangan para pemuda dan kaum laki-laki
b.    masyarakat pedesaan dihantui oleh ketakutan kolektif
c.     terjadi kelaparan dan wabah penyakit
d.    ekonomi rakyat mengalami kerusakan

B. Kerjakan soal-soal berikut!
1.         Apakah latar belakang terjadinya Perang Dunia II?
2.         Bagaimana usaha Benito Mussolini dalam mengembangkan fasisme?
3.         Bagaimana pengaruh PD II bagi kehidupan politik dan ekonomi Indonesia?
4.         Mengapa kedatangan Jepang pada awalnya disambut dengan rasa senang oleh rakyat Indonesia?
5.         Mengapa Gerakan 3A dianggap gagal oleh Jepang?
6.         Bagaimana strategi perjuangan bangsa Indonesia pada masa pendudukan Jepang?
7.         Mengapa Putera dianggap lebih menguntungkan bangsa Indonesia daripada Jepang?
8.         Jelaskan eksploitasi sumber daya alam dan tenaga manusia yang dilakukan Jepang di Indonesia!
9.         Bandingkan cara eksploitasi sumber daya alam dan tenaga rakyat yang dilakukan oleh Belanda dengan Jepang!
10.     Jelaskan dampak yang ditimbulkan dari pendudukan Jepang di Indonesia!