Sabtu, 28 Juli 2012
Kamis, 12 Juli 2012
Senin, 21 Mei 2012
Daftar Kode Telepon
|
1. Daftar Kode Telepon di Indonesia
Kode Telepon di Indonesia Klik Di sini |
Sabtu, 12 Mei 2012
Cara Menumbuhkan Sifat Kasih Sayang
Ar-Rahman dan Ar-Rahim adalah dua sifat Allah Ta’ala, dan juga merupakan nama dari nama-namanya yang mulia, yang diambil dari kata rahmat dengan bentuk mubalaghah. Ar-Rahman lebih kuat maknanya dari Ar-Rahim, karena Ar- Rahman bermakna memiliki kasih sayang yang meliputi semua makhluk di dunia, dan bagi mukminin di akhirat. Sedangkan Ar-Rahim bermakna memiliki kasih sayang bagi mukminin pada Hari Kiamat. Ini adalah pendapat sebagian besar ulama. Karena rahmatnya yang tak terhitunglah kita dapat melakukan hal yang sesuai dengan yang kita inginkan. Allah Shubhanahu wa ta’alla berfirman dalam surat Fathir : 2 yang artinya : “Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorangpun yang sanggup untuk melepaskannya sesudah itu.” (Fathir : 2)
Senin, 30 April 2012
Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka No. 203 Th. 2009
LAMPIRAN
KEPUTUSAN KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA
NOMOR: 203 TAHUN 2009
TENTANG
ANGGARAN RUMAH TANGGA GERAKAN PRAMUKA
BAB I
NAMA DAN TEMPAT
ANGGARAN DASAR GERAKAN PRAMUKA
Hasil Munaslub 2012
ANGGARAN DASAR GERAKAN PRAMUKA
PEMBUKAAN
Bahwa persatuan dan kesatuan bangsa dalam negara kesatuan yang adil dan makmur, materiil dan spiritual serta beradab merupakan adicita bangsa Indonesia yang mulai bangkit dan siaga sejak berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Adicita itu pulalah yang merupakan dorongan para Pemuda Indonesia melakukan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.
Kamis, 12 April 2012
Rabu, 11 April 2012
Sabtu, 07 April 2012
Peningkatan Mutu PTK PAUDNI
Program-program
PAUDNI dikembangkan dalam rangka menuju visi Kementerian Pendidikan Nasional
2025 yakni menghasilkan Insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Salah satu
upaya yang ditempuh dalam meraih visi tersebut adalah dengan penyelenggaraan program-program
percontohan PAUDNI. Program model diklat percontohan peningkatan kompetensi PTK
PAUDNI dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat
yang membutuhkan acuan penyelengaraan peningkatan kompetensi PTK PAUDNI yang
berstandar dan bermutu, dengan merujuk pada program PAUDNI yang dikembangkan
berdasarkan karakteristik wilayah dan sosial budaya masyarakat, pusat magang,
pelatihan dan penelitian.
Label:
PAUD,
Peningkatan Mutu PTK PAUDNI
Selasa, 03 April 2012
Tentang NUPTK
Latar Belakang NUPTK
Sesuai dengan Permendiknas Nomor 8 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Ditjen PMPTK, pasal 8 menyatakan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan nonformal. Secara khusus kehadiran UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen semakin memposisikan Ditjen PMPTK pada posisi strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Web Browser NUPTK
Web Browser NUPTK
NUPTK Web Browser adalah aplikasi bagi anda insan guru dan tenaga kependidikan yang ingin mengetahui Nomor Unik Tenaga Pendidik dan Kependidikan (NUPTK) terbaru. Dengan maraknya Sertifikasi Guru dimana salah satu syaratnya harus memiliki NUPTK, maka NUPTK browser wajib diperuntukkan untuk guru mengakses database NUPTK online yang berisi database PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Indonesia yang bertugas baik di dalam Negeri maupun di luar Negeri. Proses update data hanya diperuntukkan bagi pengguna yang sudah diijinkan memiliki akun NUPTK.
NUPTK web browser adalah software untuk melihat NUPTK terbaru yang dibuat oleh Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) Republik Indonesia.
Kamis, 29 Maret 2012
LAPORAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA
Klik di sini!! |
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Dasar
Hukum.
a. Undang-undang
Nomor 2 Tahun 1999, tentang
Pendidikan Nasional.
b. Undang-undang
Nomor 20 tahun 2003, tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
c. Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 22 tahun 1999, tentang Pemerintah Daerah.
d. Undang-undang
Nomor 27 tahun 1999, tentang
Hak Warga Negara untuk memperoleh kesempatan kerja.
e. Kurikulum
SMK Edisi tahun 2004.
f. Peraturan
Pemerintah Nomor 39 tahun 1992,
tentang
Pranserta Masyarakat Dalam Pendidikan Nasional.
g. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI
Nomor 053/U/2001, tentang
Pedoman penyusunan standar pelayanan minimal penyelenggaraan persekolahan
bidang pendidikan dasar dan menengah. Ditetapkan pada tanggal 19 April 2001.
Rabu, 28 Maret 2012
B O S
PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS)
TAHUN 2012
Latar Belakang
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa setiap warga negara yang berusia 7-15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar. Pasal 34 ayat 2 menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya, sedangkan dalam ayat 3 menyebutkan bahwa wajib belajar merupakan tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. Konsekuensi dari amanat undang-undang tersebut adalah Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan pendidikan bagi seluruh peserta didik pada tingkat pendidikan dasar (SD dan SMP) serta satuan pendidikan lain yang sederajat.
Salah satu indikator penuntasan program Wajib Belajar 9 Tahun dapat diukur dengan Angka Partisipasi Kasar (APK) SD dan SMP. Pada tahun 2005 APK SD telah mencapai 115%, sedangkan SMP pada tahun 2009 telah mencapai 98,11%, sehingga program wajar 9 tahun telah tuntas 7 tahun lebih awal dari target deklarasi Education For All (EFA) di Dakar. Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dimulai sejak bulan Juli 2005, telah berperan secara signifikan dalam percepatan pencapaian program wajar 9 tahun. Oleh karena itu, mulai tahun 2009 pemerintah telah melakukan perubahan tujuan, pendekatan dan orientasi program BOS, dari perluasan akses menuju peningkatan kualitas.
Label:
Bantuan Operasional Sekolah,
BOS
Jumat, 10 Februari 2012
POS UN
Penyelenggaraan Ujian Nasional sebagai bagian dari implikasi penerapan
Standar Nasional Pendidikan diharapkan dapat dilaksanakan sesuai dengan
regulasi yang berlaku. Ujian nasional merupakan salah satu bagian dari
penerapan standar kualitas dalam sistem penilaian pendidikan di Indonesia yang
keberadaannya selain menjadi representasi kualitas pengelolaan penyelenggaraan
pendidikan berdasarkan parameter yang telah disepakati, akan tetapi lebih
spesifik juga menunjukkan bagaimana sesungguhnya kualitas hasil belajar yang
dapat dicapai oleh peserta didik manakala telah menyelesaikan terminasi setiap
jenjang persekolahan tertentu.
Agar penyelenggaraan Ujian Nasional dapat dilaksanakan secara efektif,
efisien, dan akuntabel maka diperlukan Panduan Pelaksanaan yang mengacu pada
regulasi serta memperhitungkan tingkat akseptabilitas yang secara proporsional
dapat diterima dan dilaksanakan oleh semua pihak terkait.
Panduan
Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah ini diterbitkan sebagai pedomanbagi
sekolah/madrasah dan kabupaten/kota dalam memahami dan menjabarkan peraturan
penyelenggaraan ujian sekolah dan ujian nasional yang telah diatur oleh
pemerintah c.q. Kementerian Pendidikan
Nasional dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Selengkapnya
……(Download disini)
Rabu, 04 Januari 2012
AKHLAQUL KARIMAH
“WA INNAKA LA ‘ALAA
KHULUQIN ‘ADZIIM - Dan sesungguhnya engkau Muhammad niscaya memiliki
akhlaq yang agung.” Demikian firman Allah SWT didalam Al-Quran Surat Al-Qolam
(58:4).
Sebelum diangkat
menjadi Rasul, Muhammad adalah manusia yang jujur dan tidak memiliki cela,
sehingga dijuluki al-Amin atau orang yang dapat dipercaya.
Demikian dihormatinya
Muhammad, sehingga 5 tahun sebelum kenabian ketika terjadi banjir besar di
Makkah dan batu Hajar Aswad hanyut dan diperbaiki, para tetua 4 suku di Makkah
bertengkar tentang siapa yang berhak untuk mengembalikan batu hitam dari sorga
itu ke tempatnya. Karena deadlock – buntu, maka para sesepuh itu akhirnya
sepakat menyerahkan pengembalian batu itu ke Muhammad Al-Amin. Padahal ketika
itu Muhammad baru berumur 35 tahun.
Sekiranya orang biasa
diserahi kehormatan demikian, barangkali dengan rasa pongah dan membusungkan
dada dikembalikannya batu itu sendirian. Tetapi tidak demikian dengan Muhammad.
Dilepasnya sorbannya, dibentangkannya, diletakkannya Hajar Aswad itu diatas
sorbannya, lalu dipersilahkannya para boss suku-suku itu menggotongnya
rame-rame ke tempat asalnya di sudut Kabah, sampai akhirnya Muhammad
meletakkannya di tempatnya. Demikianlah contoh betapa mulianya akhlaq
Muhammad di mata masyarakat, padahal saat itu beliau belum diangkat menjadi
Nabi.
Pasca Kenabian.
Alangkah mulianya ahlak Rosulullah dapat dilihat dari hadits tentang
sohabat Anas yang selama menjadi khodam – pelayan Rosululloh tidak pernah
sekalipun ditegur Nabi dengan ucapan ‘uffin’ – “Ah!”.
Ketika Anas berbuat sesuatu yang Nabi sebetulnya tidak menghendakinya, tidak pernah sekalipun Nabi menegor “lima shona’tahu?” – mengapa engkau mengerjakan itu? Ketika Anas tidak berbuat sesuatu padahal Nabi sebetulnya menghendakinya, tidak pernah sekalipun Nabi mengatakan “lima taroktahu?” – mengapa engkau tidak mengerjakan itu?
Ketika Anas berbuat sesuatu yang Nabi sebetulnya tidak menghendakinya, tidak pernah sekalipun Nabi menegor “lima shona’tahu?” – mengapa engkau mengerjakan itu? Ketika Anas tidak berbuat sesuatu padahal Nabi sebetulnya menghendakinya, tidak pernah sekalipun Nabi mengatakan “lima taroktahu?” – mengapa engkau tidak mengerjakan itu?
Boleh jadi ada orang berargumen, ah, itu kan karena Anas memang sohabat
yang perfeksionis, orang yang serba sempurna, sehingga selama menjadi khodam
tidak pernah berbuat kesalahan.
Sohabat Anas adalah manusia biasa. Siapakah manusia biasa yang bisa
melayani tanpa salah, atau bisa dengan tepat menebak keinginan yang dilayaninya
selama 10 tahun? Ya, menurut hadits itu, Anas menjadi khodam Nabi selama 10
tahun. Bagaimana sesama anak Adam memperlakukan sesamanya, Nabi berwasiat
kepada para khalifah supaya yu’addzim kabiiirohum– memuliakan orang tua, wa
yarhama shoghiirohum dan menyayangi anak kecil. Nah, kalau kepada yang tua dan
yang muda saja harus demikian, bagaimana kepada para peers alias yang sebaya?
Al ‘Ulya - As Sufla
Hubungan sesama manusia tidak mungkin terlepas dari al-‘ulya alias ‘yang di
atas’ dan as-sufla alias ‘yang di bawah’. Contohnya pemimpin-bawahan,
suami-isteri, ortu-anak, kakak-adik, dst. Bagaimana Islam mengajarkan al-‘ulya
harus bersikap kepada as-sufla?
Wahfidz janaahaka limanittaba’aka minal muminiina – Rendahkan sayapmu
kepada orang iman yang mengikutimu. Fabimaa rohmatin minalloohi linta lahum –
maka dengan rahmat dari Allah lemah lembut engkau Muhammad kepada mereka. Walau
kunta faddhon gholiidhol qolbi lanfaddhuu min haulika – jika engkau keras dan
kasar hati niscaya bubar mereka darimu Muhammad. Demikianlah beberapa dari
perintah Allah yang ada didalam Al-Quran. Hadits dari Anas diatas sudah lebih
dari cukup untuk menunjukkan bagaimana luhurnya ahlak Muhammad sebagai al ‘ulya
kepada seorang Anas sebagai as-sufla.
Umar bin Khottob terkenal galak diluar rumah, tetapi lemah lembut kepada isterinya. Ketika ditanya mengapa demikian, dijawabnya karena isterinya itulah yang melahirkan dan membersarkan anak-anaknya.
Umar bin Khottob terkenal galak diluar rumah, tetapi lemah lembut kepada isterinya. Ketika ditanya mengapa demikian, dijawabnya karena isterinya itulah yang melahirkan dan membersarkan anak-anaknya.
Ada lelaki sekarang yang nampak gentleman di luar, tetapi justru galak
didalam rumah. Keras kepada isterinya, dan streng kepada anak-anaknya. Mereka
stress manakala berjumpa dengan bapak biologisnya sendiri. Ini bukan rekaan.
Buktinya ada UU KDRT - Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Tempelengan, bahkan lebih
dari itu di kalangan keluarga, masih terjadi. Na’uudzu billaahi min dzaalika. Sabda
Nabi di sebuah hadits: “Alangkah hinanya seorang laki-laki yang berbuat kasar
kepada isterinya, siang dipukuli, malam dikumpuli”. Kalau dalam istilah Kang
Kabayan: ’beurang digebugan, peuting ditumpakan’.
Waspada Mulut
Nabi ditanya ‘an aktsari maa yudkhilun naasal jannata – tentang apa yang
paling banyak menyebabkan orang masuk sorga. Apakah karena jagoan yang siap
maju ke medan perang? Apakah karena banyak ilmu yang siap untuk diajarkan?
Karena banyaknya harta yang siap untuk disedekahkan? Ternyata jawab Nabi
adalah: ’taqwalloohi wa husnul khuluqi’ – taqwa kepada Allah dan ahlak yang
baik. Lalu Nabi ditanya ‘an aktsari maa yudkhilun naasan naaro – tentang apa
yang paling banyak menyebabkan orang masuk neraka? Ternyata jawab Nabi
mengejutkan: ’al famu wal farju’ - mulut dan farji.
Shodaqo Rosululloh, sungguh benar Nabi. Dengan mulut bisa bertengkar,
berdebat, berbohong, naminah (adu-domba), ghibah (ngerasani, ngupat,
menjelek-jelekkan) dan fitnah, serta memuji orang. Didalam Islam, memuji orang
didepannya adalah larangan, karena bisa membunuh niat Karena Allah orang yang
dipuji. Menimbulkan rasa riya. Qod qoto’ta ‘unuqo shoohibika – sungguh engkau
telah memenggal leher saudaramu, demikian sabda Nabi kepada orang yang memuji
orang lain didepannya.
Melaksanakan akhlaqul karimah itu ibarat meniti tangga. Yang menjunjung
tinggi akhlaqul karimah ibaratnya menaiki tangga, semakin lama semakin tinggi,
sampai ke summit atau puncak pencakar langit. Sebaliknya mereka yang
mengabaikan akhlaqul karimah, ibaratnya menuruni tangga, semakin lama semakin
rendah. Sampai ke basement.
Sangat banyak aspek tentang akhlaqul karimah. Oleh karena itu mengkhatamkan
hadits Kitabul Adab atau ‘Buku tentang Tingkah-Laku’ baik di himpunan maupun di
kitab hadits besar, seharusnya menjadi prioritas utama. Alhamdulillah, ternyata
ucapan dan tingkah-laku dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi, ada adabnya.
Maka alangkah meruginya setelah jungkir balik siang-malam fastabiqul khoirot
amal solih di segala bidang kegiatan agama termasuk organisasi, semua menjadi
kontra-produktif mubadzir gara-gara mengabaikan akhlaqul karimah. Bil
khusus sesuai hadits diatas gara-gara mengabaikan untuk menjaga bagian yang
paling banyak membawa manusia ke neraka: mulut.
Semua sudah pada tahu dalil fal yaqul khoiron au liyasmuth – lebih baik
diam daripada mengumbar bicara. Jadi daripada tidak tahan untuk tidak berbicara
tidak baik, atau tidak mampu “nasehat pait-madu”, demi mewujudkan akhlaqul
karimah, mengapa tidak mencontoh sikap Nabi kepada Anas? Fa aina tadzhabuun?
sumber : http://nuansaonline.net
Label:
Akhlaqul Karimah,
Waspada Mulut
Minggu, 01 Januari 2012
Ulangan Harian IPS Kelas 9 (Bab II)
A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.
Salah
satu tindakan Hittler dalam mengembangkan fasisme adalah membunuh dan mengusir
orang-orang Yahudi. Alasan tindakan Hittler adalah ... .
a.
orang
Yahudi menguasai perekonomian Jerman
b.
Adolf
Hittler sangat membenci orang Yahudi
c.
orang
Yahudi dianggap sebagai biang kekalahan Jerman dalam PD I
d.
orang
Yahudi tidak mau tunduk pada kebijaksanaan Hittler
2.
Negara-negara
fasis pada umumnya menganut paham chauvinisme, yaitu ... .
a.
menganggap
dirinya unggul dari ras lainnya
b.
negara
di atas segala kepentingan rakyat
c.
menganggap
semua bangsa itu sama
d.
memimpikan
persatuan seluruh negara di bumi
3.
Secara
khusus, Perang Dunia II di kawasan Eropa disebabkan oleh ... .
a.
terbunuhnya
putra mahkota Austria
b.
serangan
Jepang terhadap pangkalan Sekutu di Hawai
c.
serangan
Jerman terhadap kota Danzig di Polandia
d.
politik
mencari kawan di antara negara-negara Eropa
4.
Perjanjian
San Fransisco berisi antara lain ... .
a.
daerah
Italia dipersempit
b.
Pulau
Kurile dan Sakhalin diserahkan kepada Rusia
c.
Jerman
dibagi menjadi dua daerah pendudukan
d.
Jerman
harus mengganti kerugian perang
5.
Alasan
perlawanan rakyat terhadap Jepang adalah kewajiban melakukan seikerei, yaitu
... .
a.
wajib
menjadi tenaga romusha
b.
mengikuti
latihan militer ala Jepang
c.
melakukan
penghormatan terhadap Kaisar Jepang
d.
menyerahkan
tanaman padi kepada Jepang
6.
Berikut
ini yang merupakan alasan munculnya perlawanan rakyat Indonesia terhadap
Jepang, kecuali ... .
a.
adanya
penderitaan rakyat akibat kekejaman Jepang
b.
kewajiban
melakukan seikerei
c.
kesewenang-wenangan
tindakan Jepang
d.
Jepang
tidak segera memerdekakan Indonesia
7.
Pada
masa pemerintahannya di Indonesia, Jepang berusaha mengeksploitasi sumber
kekayaan alam Indonesia sebab ... .
a.
Indonesia
sudah menjadi jajahan Jepang
b.
Jepang
khawatir kekayaan alam Indonesia dihabiskan oleh Belanda
c.
Jepang
membutuhkan sumber kekayaan alam Indonesia untuk membantu perang Jepang
d.
kebutuhan
yang dicari Jepang hanya ada di Indonesia
8.
Peristiwa
penting yang menandai dimulainya penjajahan Jepang di Indonesia yaitu ... .
a.
dibomnya
pangkalan angkatan laut AS di Pearl Harbour
b.
Belanda
menyerahkan kepada Jepang dalam Perjanjian Kalijati
c.
Jepang
masuk ke Indonesia lewat Tarakan
d.
dibomnya
kota Hiroshima dan Nagasaki
9.
Beberapa
propaganda awal Jepang untuk menarik hati bangsa Indonesia kecuali ... .
a.
mengizinkan
menyanyikan lagu Indonesia Raya
b.
melarang
penggunaan Bahasa Belanda
c.
mengizinkan
penggunaan bahasa Indonesia
d.
memberikan
kemerdekaan secara bertahap
10.
Heiho
dan PETA yang dibentuk pemerintah Jepang mempunyai tugas utama ...
a.
mempertahankan
Indonesia dari serangan musuh
b.
membantu
Jepang di front pertempuran Asia Pasifik
c.
menjaga
ketertiban umum
d.
memperkuat
pasukan Jepang di Indonesia
11.
Tujuan
yang sebenarnya dari Jepang membentuk organisasi semi militer adalah ... .
a.
membantu
pertahanan bangsa Indonesia menghadapi Belanda
b.
mempersiapkan
tenaga prajurit untuk membantu Jepang
c.
mendidik
bangsa Indonesia agar siap jika merdeka kelak
d.
menambah
kekuatan angkatan perang di negeri Jepang
12.
Tugas
badan Cuo Sangi In hampir sama dengan badan DPA yaitu ... .
a.
memeriksa
kebijakan-kebijakan yang akan diambil pemerintah Jepang
b.
mengadili
setiap anggota PETA yang melakukan pemberontakan
c.
mengajukan
usul dan pertimbangan kepada pemerintah Jepang
d.
menyampaikan
aspirasi rakyat Indonesia kepada pemerintah Jepang
13.
Jepang
akhirnya membubarkan Gerakan Tiga A sebab ... .
a.
Gerakan
Tiga A murni bentukan Jepang
b.
Gerakan
Tiga A tidak bermanfaat bagi bangsa Indonesia
c.
Gerakan
Tiga A didominasi orang-orang Jepang
d.
Gerakan
Tiga A tidak mendapat sambutan dari rakyat Indonesia
14.
Bagi
bangsa Indonesia, Putera bertujuan untuk ... .
a.
mengerahkan
rakyat untuk mengumpulkan padi
b.
mempersatukan
kekuatan untuk melawan Jepang
c.
membangun
kembali segala yang telah dirobohkan oleh Belanda
d.
menyelidiki
kekuatan Jepang dalam Perang Pasifik
15.
Alasan
Syahrir melakukan perlawanan terhadap Jepang adalah ... .
a.
Jepang
adalah negara fasis
b.
Jepang
tidak segera memerdekakan Indonesia
c.
menolak
modernisasi yang dilakukan oleh Jepang
d.
penderitaan
rakyat yang sangat berat
16.
Pernyataan
berikut yang benar mengenai stratifikasi sosial masyarakat Jepang, kecuali ...
.
a.
golongan
pribumi menempati lapisan paling bawah
b.
lapisan
paling atas ditempati oleh golongan Jepang
c.
Lapisan
kedua diduduki oleh golongan pribumi
d.
golongan
Timur Asing menempati lapisan paling bawah
17.
Dampak
Perang Dunia II bagi Indonesia antara lain ... .
a.
pergerakan
nasional semakin radikal
b.
Indonesia
mulai dijajah Jepang
c.
Belanda
memberikan kemerdekaan kepada jajahannya
d.
negara-negara
imperialis memberi kemerdekaan kepada jajahannya
18.
Untuk
menghadapi invasi Jepang di Asia Tenggara, maka pihak Sekutu ... .
a.
segera
memerdekakan tanah jajahannya
b.
mengadakan
kerja sama dengan sayap kiri Jepang
c.
meminta
bantuan Amerika Serikat dan Rusia
d.
membentuk
komando gabungan ABDACOM
19.
Pemberontakan
PETA di Blitar dapat dikatakan mengalami kegagalan sebab ... .
a.
persenjataan
Jepang lebih modern
b.
rencana
pemberontakan sudah diketahui oleh Jepang
c.
tidak
mendapat dukungan dari rakyat
d.
persiapan
yang kurang matang
20.
Aspek
mentalitas yang ditimbulkan dari adanya romusha adalah ... .
a.
desa
kehilangan para pemuda dan kaum laki-laki
b.
masyarakat
pedesaan dihantui oleh ketakutan kolektif
c.
terjadi
kelaparan dan wabah penyakit
d.
ekonomi
rakyat mengalami kerusakan
B. Kerjakan soal-soal berikut!
1.
Apakah
latar belakang terjadinya Perang Dunia II?
2.
Bagaimana
usaha Benito Mussolini dalam mengembangkan fasisme?
3.
Bagaimana
pengaruh PD II bagi kehidupan politik dan ekonomi Indonesia?
4.
Mengapa
kedatangan Jepang pada awalnya disambut dengan rasa senang oleh rakyat
Indonesia?
5.
Mengapa
Gerakan 3A dianggap gagal oleh Jepang?
6.
Bagaimana
strategi perjuangan bangsa Indonesia pada masa pendudukan Jepang?
7.
Mengapa
Putera dianggap lebih menguntungkan bangsa Indonesia daripada Jepang?
8.
Jelaskan
eksploitasi sumber daya alam dan tenaga manusia yang dilakukan Jepang di
Indonesia!
9.
Bandingkan
cara eksploitasi sumber daya alam dan tenaga rakyat yang dilakukan oleh Belanda
dengan Jepang!
10.
Jelaskan
dampak yang ditimbulkan dari pendudukan Jepang di Indonesia!
Langganan:
Postingan (Atom)